Connect with us

Internasional

Pasca Gencatan Senjata, Kegiatan di Pelabuhan Gaza Kembali Normal

Published

on

Share

Reportersatu, Usai gencatan senjata antara Israel dan Palestina di sepakati, Hiruk pikuk kegiatan di pelabuhan perikanan utama di Gaza, Palestina terlihat kembali berjalan normal, Senin (24/5/21).

Seperti yang diketahui selama terjadi konflik banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan nelayan dan orang-orang yang menggantungkan hidup dengan bekerja di sana.

Pasukan keamanan Israel telah mencegah nelayan Palestina berlayar selama konflik berlangsung. Namun, mulai Sabtu (22/5) lalu, sejumlah kapał mulai diizinkan berangkat, menyusul gencatan senjata yang diberlakukan pada Jumat (21/5).

loading...

Baca Juga : Pasca Gencatan Senjata, Israel Kembali Serang Palestina

Selama ini, banyak warga Gaza yang menikmati kesegaran makanan laut. Tak sedikit warga Gaza berprofesi sebagai nelayan. Dengan diizinkannya kembali kegiatan berlayar menangkap ikan, ada harapan gencatan senjata akan terus terlaksana.

Seperti yang terlihat pada Ahad (23/5), nelayan mulai menangkap hewan laut yang ditunggu oleh pembeli. Di antara hewan laut yang dijual sebagai makanan adalah kepiting, udang, dan ikan.

Pada hari yang sama, ratusan pekerja dan relawan di Jalur Gaza juga mulai membersihkan puing-puing dari jalanan. Kota ini mengalami kehancuran yang cukup parah pasca 11 hari serangan udara Israel menghantam.

Pecahnya kekerasan terbaru antara Israel dan Palestina, dimulai di Yerusalem Timur pada bulan lalu. Saat itu, warga Palestina bentrok dengan polisi Israel sebagai tanggapan atas ancaman penggusuran puluhan keluarga Palestina oleh pemukim Yahudi.

Situasi semakin memburuk saat polisi Israel menyerbu Masjid Al-Aqsha di Kota Tua Yerusalem, yang merupakan situs suci ketiga bagi Umat Islam. Ratusan jamaah yang kebanyakan adalah warga Palestina terluka dalam kejadian ini.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *