Connect with us

Seni & Budaya

Parang Sawalaku Simbol kemerdekaan Rakyat Maluku

Published

on

Parang Sawalaku Simbol Kemerdekaan Rakyat Maluku
Share

Reportersatu, Parang Salawaku merupakan sepasang senjata tradisional asal Maluku yang terdiri dari Parang (pisau panjang) dan Salawaku (perisai), pada masa silam Parang Salawaku digunakan sebagai senjata oleh para pahlawan Indonesia dalallm berperang melawan penjajah.

Parang berfungsi sebagai senjata. Hal ini dipakai sebagai senjata untuk melakukan penyerangan pada lawan. Sedangkan Salawaku dipakai sebagai perisai untuk menahan serangan lawan.

loading...

Senjata tradisional tersebut, juga berfungsi sebagai lambang pemerintah kota Ambon. Parang dan Salawaku bagi masyarakat Maluku merupakan simbol kemerdekaan rakyat Maluku. Jika kita berkunjung ke Maluku, maka kita bisa menjumpai senjata tradisional Maluku tersebut dalam tarian Cakelele.

Cekelele adalah tarian khas Maluku yang mengandung makna simbolis kekuatan kaum pria Maluku. Parang dipegang pada tangan kanan penari yang melambangkan sebuah keberanian. Sedangkan Salawaku dipegang di tangan kiri yang melambangkan perjuangan untuk mendapatkan keadilan.

Baca juga : Melestarikan Kesenian Wayang Golek dengan Perkembangan Zaman

Yang membuat senjata ini unik dan estetis adalah adanya ukiran-ukiran bermakna khusus yang terbuat dari kulit kerang laut. Ukuran Parang dan Salawaku bervariasi tergantung postur badan sang penari.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *