Connect with us

Nusantara

Para Peneliti UI dan IPB Temukan Antivirus Covid-19

Published

on

Para Peneliti Ui Dan Ipb Temukan Antivirus Covid 19
Share

Reportersatu, Para peneliti berlomba-lomba menemukan antivirus corona. Peneliti UI-ITB menyebut beberapa senyawa pada buah jambu biji merah, kulit jeruk dan daun kelor berpotensi menghambat dan mencegah corona virus baru Covid-19.

Baca Juga : Sering Terjadi Banjir, Kepala Dinas PUPR Bangka Belitung Akan Bangun Jembatan Nibung

Hal ini yang sedang dikembangkan oleh penelitian bersama dari gabungan peneliti multi disiplin untuk menemukan kandidat anti virus corona. Para peneliti dari UI dan IPB dari Departemen Kimia Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, klaster Bioinformatics Core Facilities IMERI- FKUI dan laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI, Rumah Sakit UI (RSUI), Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Trop BRC) IPB Departemen Ilmu Komputer IPB Bogor.

loading...

Para peneliti dari dua perguruan tinggi ini, melakukan analisis big data dan machine learning dari basis data HerbalBD yang dikembangkan oleh Laboratorium Komputasi Biomedik dan Rancangan Obat Fakultas Farmasi UI.

Sejumlah 1.377 senyawa herbal, kemudian dikonfirmasi hasilnya menggunakan metode pendekatan molekuler untuk dievaluasi aktivitas antivirusnya. Ada pun hasilnya telah disampaikan di dalam Seminar dan Workshop, “Eksplorasi Bahan Herbal Kandidat Potensial Antivirus Corona: Analisis Big Data dan in Silico” yang diadakan tanggal 3-5 Maret 2020 di Fakultas Kedokteran UI.

Baca Juga : Pemkot Malang Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional

Berdasarkan hasil skrining aktivitas terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal yang terkait dengan mekanisme kerja virus, diperoleh beberapa golongan senyawa yang berpotensi untuk menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 (virus corona) untuk menginfeksi manusia.

Golongan senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricetin yang terkandung dalam jambu biji (daging buah merah muda), kulit jeruk, dan daun kelor.

Berdasarkan pers release di dua lembaga penelitian perguruan tinggi UI dan IPB ini, penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona.

Selain itu, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, WHO dan CDC, masyarakat tetap diprioritaskan untuk menerapkan perilaku hidup bersih, sehat, melalui cara rajin mencuci tangan dengan sabun, menerapkan etika batuk/bersin menggunakan masker bagi yang menderita flu dan batuk.

Baca Juga : Pulang Dari Natuna Ratusan Personel Brimob Polda Kepri di Cek Kesehatannya

Sedangkan mereka yang mengalami gejala Covid-19 maka dapat mengisolasi diri di rumah atau datang ke RS yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *