Connect with us

Internasional

Pangeran Philip Tutup Usia, Istana Buckingham Berduka

Published

on

Share

Reportersatu, Kabar duka datang dari Istana Buckingham, Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, yang memegang gelar resmi Duke of Edinburgh, meninggal dunia di usia 99 tahun pada Jumat (9/4/21).

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor” ujar pernyataan Istana seperti dikutip laman BBC.

loading...

Pangeran Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum dia menjadi Ratu, dan merupakan permaisuri kerajaan terlama dalam sejarah Inggris. Pangeran Philip dan Ratu memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit.

Baca Juga : Laris Manis, Paspor Vaksin Covid-19 Palsu Dijual Daring

Putra pertama mereka, Pangeran Wales, dan Pangeran Charles, lahir pada 1948. Kemudian diikuti oleh saudara perempuannya, putri kerajaan, Putri Anne, pada 1950, Adipati York Pangeran Andrew, pada 1960 dan Earl of Wessex, Pangeran Edward pada 1964. Pangeran Philip lahir di Pulau Corfu, Yunani, pada 10 Juni 1921.

Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes. Ibunya, Putri Alice, adalah putri Lord Louis Mountbatten dan cicit Ratu Victoria.

Pangeran Philip dikenal sebagai pria yang praktis dan menggemari aktivitas olahraga. Dia juga menjadi sosok penting yang ikut memodernisasi keluarga kerajaan Inggris.

“Dia adalah sumber kekuatan dan ketegaran saya selama ini,” ujar Ratu Elizabeth, mengenai suaminya, dalam sebuah pidato.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *