Connect with us

Kuliner

Nasi Goreng Indonesi Menjadi Favorit Orang Belanda

Published

on

Share

Reportersatu, Nasi goreng menjadi makanan Indonesia paling favorit oleh orang Belanda. Hal ini diutarakan General Manager South East Asia & Oceania, Air France KLM, Gijs van Popta dalam pertemuannya dengan wartawan di Erasmus Huis, Jakarta.

Gijs mengatakan, orang Belanda biasa menyantap nasi goreng pada acara-acara tertentu. Menurutnya, nasi goreng merupakan menu standar yang harus tersedia di Rijsttafel. “Nasi goreng, dan tentu dengan kerupuk, orang Belanda suka sekali makan itu,” kata Gijs sembari tertawa.

loading...

Ia melanjutkan, di Belanda, nasi goreng biasa disajikan dengan rijsttafel. Rijsttafel merupakan cara penyajian makanan secara berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah di Nusantara.

Cara penyajian ini berkembang pada masa Hindia Belanda yang memadukan etika dan tata cara perjamuan resmi Eropa dengan kebiasaan makan penduduk setempat. Menurut Gijs, hingga kini cara penyajian rijsttafel tetap populer di kalangan masyarakat Belanda-Indonesia, yang juga digemari di Belanda.

Gijs juga bercerita bahwa turis Belanda yang datang ke Indonesia menggunakan KLM, pasti mencari menu masakan Indonesia, yaitu nasi goreng. “Banyak penumpang kami ketika di pesawat, mereka mencari nasi goreng, karena memang di Belanda nasi goreng sudah amat terkenal,” ujarnya.

Pria yang bergabung dengan KLM Royal Dutch Airlines pada tahun 2004 ini mengatakan kecintaan orang Belanda akan nasi goreng tercipta karena rasa gurih yang ada dan khas.

“Rasanya itu gurih, saya bahkan dapat terbangun dari tidur apabila mencium aroma khas nasi goreng,” jelas Gijs sembari mengingat bagaimana rasa khas yang tercipta dari nasi goreng.

Sekadar informasi, pada masa kolonial, sajian rijsttafel paling bergensi di Hindia Belanda adalah luncheon atau makan siang dalam Bahasa Indonesia setiap hari Minggu di Hotel des Indes di Batavia sekarang Jakarta dan Hotel Savoy Homann di Bandung. Kala itu, nasi disajikan bersama lebih dari 60 macam hidangan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *