Connect with us

Lensa Artis

Nagaswara Tuntut Gen Halilintar Karena Hak Cipta

Published

on

Nagaswara Tuntut Gen Halilintar Karena Hak Cipta
Share

Reportersatu, Keluarga Gen Halilintar saat ini tengah terjerat masalah hukum dengan label musik Nagaswara. Seperti diketahui, Atta Halilintar CS sempat mengcover lagu Lagi Syantik yang dipopulerkan oleh artis Nagaswara, Siti Badriah tanpa izin dan mengunggahnya ke channel Youtube.Bahkan, keluarga beranggotakan 13 orang itu juga mengganti liriknya.

Gen Halilintar dianggap Melanggar Hak Cipta

Gen Halilintar lantas dianggap telah melanggar hak cipta dan dituntut uang sebesar Rp 9,5 miliar dan kasusnya pun mulai masuk ke jalur hukum.

Agenda pertama dari persidangan telah bergulir, di mana pihak pengadilan menghadirkan saksi dari pihak tergugat, yang tak lain adalah Atta dan adik-adiknya selaku anak dari keluarga Gen Halilintar.

loading...

“Saksi hari ini dari pihak tergugat. Pada prinsipnya kita agak susah menanggapi ya, karena pada prinsipnya hukum acara perdata dari keluarga dan karyawan tidak bisa bersaksi, makanya sedikit sekali kami menanggapi, cuma nanti akan kita tanggapi juga di kesimpulan.

Dalam sidangpun sudah kami sampaikan karena kualitas saksi yang dihadirkan kami keberatan untuk diperiksa,” ungkap Yos Mulyadi, kuasa hukum Nagaswara saat ditemui di PN Jakarta Pusat.

1. Tak Peduli Keluarga Gen Halilintar Dapat Untung atau Tidak

Pada kesaksiannya, Atta dan adik-adiknya menegaskan jika mereka tidak mendapat keuntungan sepeserpun dari aksi cover yang dilakukan.

Malah mereka rugi karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk produksi. Pihak Nagaswara merasa jika statement tersebut di luar konteks.

Baca Juga : Gading Marten Bakal Melamar Model Cantik Asal Inggris Juria Hartmans

“Ini lucu juga karena pertanyaan saya tadi cuma satu ya, yang izinin (cover) siapa? Makanya tidak bisa dijawab. Terlepas dari video itu mendapatkan untung atau tidak, dari awal kami menyampaikan kami tidak peduli dengan keuntungan yang didapat sebenarnya. Yang kami peduli siapa yang mengizinkan itu semua,” sambungnya.

2. Minta Keluarga Gen Halilintar Cermati Hak Moral

Pihak Nagaswara cuma mempermasalahkan perihal kenapa Gen Halilintar tak minta izin untuk mengcover lagu tersebut, bahkan mengganti liriknya. Meski kini videonya sudah ditake out, namun tetap saja pihak Nagaswara sudah merasa dirugikan.

“Mengganti lirik, bahkan membuat video klip yang diupload di channel siapa yang mengizinkan secara hukum itu dilarang, karena untuk pencipta itu punya perlindungan yang harus sedemikian rupa, dicermati dari saksi ada hak moral dan hak ekonomi dua-duanya dilaksanakan atas izin pencipta,” jelas Yos lebih lanjut,” tutup Yos.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *