Connect with us

Internasional

Mulai Proses Rekonstruksi, Mesir Kirim Peralatan Konstruksi ke Gaza

Published

on

Share

Reportersatu, Memulai proses rekonstruksi pasca terjadinya perang antara palestina dan israel selama 11 hari. Mesir telah mengirim peralatan konstruksi beserta tim insinyur ke Jalur Gaza, Jumat (4/6/21).

Dalam video yang disiarkan televisi pemerintah Mesir, puluhan buldoser, derek dan truk mengibarkan bendera Mesir berbaris di sepanjang perbatasan untuk mulai menyeberang ke Jalur Gaza. Warga Palestina di Gaza menyambut kedatangan mereka dengan semarak.

loading...

Baca Juga : Sejak Kudeta Militer, Junta Myanmar Tewaskan 845 Orang

“Kami bergegas dengan semua uang, peralatan, dan apa yang kami miliki untuk bergabung dengan warga Palestina dalam pembangunan kembali. Setiap Muslim dan setiap orang Mesir ingin mengambil bagian dalam (rekonstruksi),” kata Mahmoud Ismail, salah satu pengemudi truk Mesir saat diwawancara Reuters di Gaza.

Mesir memainkan peran utama dalam menengahi gencatan senjata antara Hamas dan Israel. Kairo pun telah menyatakan akan mengalokasikan 500 juta dolar AS untuk mendanai proses rekonstruksi di Jalur Gaza.

Menurut Kementerian Perumahan Gaza, pertempuran yang berlangsung pada 10-21 Mei lalu telah menghancurkan 1.500 unit rumah. Sebanyak 1.500 unit rumah lainnya rusak dan tak dapat diperbaiki.

Sementara 17 ribu bangunan lainnya mengalami kerusakan sebagian. Seorang pejabat di Kementerian Perumahan Gaza menyebut biaya pembangunan kembali dapat mencapai 150 juta dolar AS.

Tak hanya bangunan, gempuran Israel selama 11 hari ke Gaza menyebabkan sedikitnya 270 warga di sana tewas. Sementara korban luka dilaporkan mencapai lebih dari 1.900 orang. 


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *