Connect with us

Nasional

Mulai Besok Kemenkes Buka Pendaftaran Vaksinasi Lansia KTP Non-DKI di Hang Jebat

Published

on

Share

Reportersatu, Vaksinasi COVID-19 untuk lansia sudah dibuka sejak Februari lalu. Demi mempercepat vaksinasi lansia, beberapa tempat menyediakan vaksinasi massal dengan kuota ribuan orang per hari.

Selain sentra vaksinasi bersama BUMN di Istora Senayan Jakarta, Kementerian Kesehatan juga membuka pendaftaran lansia bagi pemilik KTP di DKI maupun non-DKI bertempat di BBPK (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) Jakarta Kampus Hang jebat. 

Vaksinasi lansia akan dimulai pada 22 Maret 2021. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menargetkan seribuan suntikan per harinya.

“Per hari 1.000 vaksin ya,” ucapnya, Minggu (21/3/21).

loading...

Nadia menjelaskan program vaksin ini adalah lanjutan dari vaksinasi yang sebelumnya digelar digelar di tempat yang sama pada 8 Maret lalu.

Baca Juga : Wamendes Berharap Program Vaksinasi Covid-19 Juga Gencar Dilakukan di Daerah Tertinggal

“Sama seperti tanggal 8 Maret hanya diperluas saja. Kan sudah ada sarananya jadi diperluas,” ujarnya.

Mekanisme pendaftaran bisa dilakukan secara daring. Lansia yang boleh mendaftar harus di atas 60 tahun.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu membawa KTP, membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Puskemas dan menerima layanan vaksinasi, dan membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis bagi peserta yang mempunyai penyakit kronis.

Ketentuan yang harus diperhatikan di antaranya vaksinasi juga hanya dilakukan di hari kerja, e-voucher yang diterima bukan jaminan untuk mendapat vaksinasi karena akan diverifikasi ulang oleh sistem P-Care dan harus hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ada di e-voucher.

“Untuk menghindari kerumunan, jangan datang terlalu cepat atau terlalu terlambat dari jam penjadwalan,” tulis ketentuan tersebut.

Program vaksinasi tahap dua telah dimulai sejak 17 Februari lalu. Sementara vaksinasi Covid-19 pada sasaran lansia dimulai sejak Jumat (19/2). Sebanyak 21,5 juta lansia di Pulau Jawa-Bali menjadi sasaran dalam program vaksinasi Covid-19 tahap dua ini.

Dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021 yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dan dikeluarkan pada 11 Februari 2021, Kemenkes mendaftar kelompok masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19.

Mereka yang akan mendapatkan vaksin di antaranya adalah kelompok lansia, penyintas, komorbid, ibu menyusui hingga sasaran tunda bakal mendapat vaksinasi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *