Connect with us

Internasional

Mulai 8 April Victoria Australia Kembali Buka Penerbangan Internasional

Published

on

Share

Reportersatu, Mulai 8 April Pemerintah di Victoria, Australia akan kembali menerima penerbangan internasional. Untuk melengkapi rencana itu, pembangunan fasilitas karantina mandiri juga dilakukan, yang diperkirakan memakan waktu setidaknya enam bulan. 

Pemerintah di negara bagian itu juga akan meluncurkan kembali program karantina hotel dengan tindakan pencegahan infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) yang lebih ketat. Hal itu diperlukan untuk mengantisipasi varian lain dari penyakit wabah yang diyakini lebih menular. 

Baca Juga : Tuai Kritik, Biden Tunjuk Kamala Harris Untuk Kendalikan Arus Migran

Dilansir The Guardian, dalam dua pekan mendatang, Victoria akan menerima kedatangan 800 penumpang internasional. Jumlah itu diperkirakan meningkat pada peretngahan April, menjadi 1.120 penumpang per minggu. 

loading...

Diperkirakan saat itu pemerintah telah menyelesaikan persiapan karantina hotel, mulai dari tinjauan ventilasi di fasilitas tersebut, serta kemudahan akses menuju lokasi. Sekitar 93 persen pekerja karantina hotel di Victoria juga telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 dan pemberian dosis kedua sedang dilakukan. 

Seorang juru bicara pemerintah Victoria mengatakan kepada bahwa hanya pekerja yang telah mendapat dosis pertama vaksin akan ditempatkan di ‘zona merah’ dengan interaksi tatap muka dengan para pelancong internasional. Tes Covid-19 untuk para tamu juga akan ditingkatkan dari dua menjadi empat kali selama mereka menginap, dengan pengujian lebih lanjut yang disarankan setelah pergi dari fasilitas karantina.

Sebelumnya Pada awal Februari, perdana menteri untuk Victoria, Daniel Andrews mengumumkan semua penerbangan internasional yang mendarat di Melbourne akan dihentikan sementara setelah adanya wabah Covid-19 dengan varian Inggris ditemukan di fasilitas karantina hotel. Hal itu telah membuat negara bagian menetapkan karantina wilayah (lockdown) selama lima hari.

Meskipun wabah itu berhasil diatasi, penerbangan internasional tidak dilanjutkan setelah lockdown berakhir. Andrews kemudian berjanji untuk membangun fasilitas karantina khusus, menyarankan bandara Avalon atau Tullamarine sebagai lokasi yang memungkinkan.

Pejabat di kantor perdana menteri Victoria, James Merlino, mengatakan pada Kamis (25/3/21) bahwa pemerintah belum menyerah untuk membangun ‘desa’ karantina yang dibangun khusus dengan gaya Howard Springs di Northern Territory. Ia menyebut ada daftar 10 lokasi potensial untuk fasilitas tersebut.

Pemerintah membuat keputusan untuk melanjutkan karantina hotel, sementara perencanaan dan pembangunan fasilitas yang dibangun khusus tersebut diperkirakan akan memakan waktu setidaknya enam bulan.

“Ini tentang waktu. Anda harus menemukan lokasinya, menangani kasus bisnis, membuat keputusan, dan kemudian membangunnya,” kata Merlino.

Pemerintah Victoria juga telah merilis tanggapan terhadap laporan akhir dari badan penyelidikan karantina hotel. Dari 81 rekomendasi, sebanyak 49 telah dilaksanakan, empat telah dilaksanakan sebagian, delapan telah berkomitmen dan 20 akan dirujuk ke kabinet nasional.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *