Connect with us

Seni & Budaya

Misteri Sedlec Ossuary, Gereja Katolik Yang di Hiasi Tulang Manusia

Published

on

Share

Reportersatu, Sedlec Ossuary adalah sebuah kapel gothic yang terletak di Kutna Hora, Ceko mempunyai dekorasi interior yang tidak biasa bahkan cenderung cukup menyeramkan. Jika biasanya gereja memiliki dekorasi cantik dan indah, gereja yang satu ini justru menyeramkan karena dihiasi dengan tulang belulang manusia.

Gereja yang dibangun pada tahun 1142 ini memakai tulang belulang manusia yang telah meninggal untuk desain interiornya.

Baca Juga : Varanasi, Kota Suci Umat Hindu Kesukaan Dewa Shiva

loading...

Gereja Katolik Roma ini juga populer disebut dengan gereja tulang. Tujuan dari penggunaan tulang ini adalah sebagai pengingat bahwa semua orang akan mati. Sedlec Ossuary awalnya adalah sebuah biara Cistercian.

Pada 1278, Raja Bohemia mengirimkan kepala biara ke “Holy Lands”. Ketika ia kembali, ia membawa tanah dari Yerusalem dan menyebarkannya ke seluruh area makam Sedlec.

Karena itu semua orang ingin dimakamkan di pemakaman Sedlec ketika meninggal nanti. Akibatnya, pemakaman Sedlec kekurangan ruang untuk menguburkan orang yang sudah meninggal. Akhirnya mereka memutuskan untuk menggali dan mengumpulkan tulang belulang tersebut ke ruang bawah biara. Saat itulah, mulai tahun 1870 gereja tersebut mulai dikenal dengan sebuat gereja tulang.

Keluarga Schwarzenberg mengambil alih kepengurusan gereja. Ia mempunyai ide memanfaatkan tulang-tulang tersebut untuk mempercantik ruangan. Lalu tulang-tulang tersebut dibersihkan, disusun dan dipilah-pilah berdasarkan warnanya.

Setelah mereka siap, pekerjaan besar dimulai. Dari tulang-tulang tersebut dicipta sebuah lampu besar, lambang negara untuk Schwarzenbergs dan bentuk  bentuk unik lain yang terbuat dari 40 ribu sampai 70 ribu tulang.

Sayang gereja ini kini mengalami nasib yang mengenaskan. Perlahan-lahan-lahan gereja ini rusak karena kurang perawatan. Sebentar lagi akan runtuh jika tidak ada yang menyelamatkan. Yang lebih tragis, tulang-belulang yang telah menjadi karya seni yang indah ini juga akan binasa.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *