Connect with us

Internasional

Militer AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Published

on

Share

Reportersatu, Kapal Angkatan Laut AS (US Navy) dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah tiga kapal militer Iran pada Senin, 26 April 2021.

Pihak berwenang AS mengatakan tembakan peringatan itu dilepaskan karena kapal Iran terlalu dekat dengan kapal AS di Teluk Persia.

Peristiwa itu kerap terjadi dalam lima tahun terakhir walaupun tidak ada kejadian serupa tahun lalu. Pejabat militer AS mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui motivasi persis pasukan Iran.

loading...

Namun, militer AS mengatakan peristiwa serupa sebelumnya dilakukan komandan setempat, bukan arahan langsung dari pemimpin senior Iran.  

Baca juga : Menegangkan, Astronaut SpaceX Nyaris Tabrak Sampah Luar Angkasa

“Awak kapal AS beberapa kali memberi peringatan melalui radio bridge-to-bridge dan perangkat pengeras suara, tapi kapal-kapal Angkatan Laut Garda Revolusi terus mendekat hingga ke jarak tembak,” kata militer AS dalam pernyataannya, Rabu (28/4/21).

“Lalu, awak kapal Firebolt melepaskan tembakan peringatan dan kapal-kapal Angkatan Laut Garda Revolusi bergerak ke arah aman dari kapal-kapal AS,” tambah pernyataan itu.

Jarak terdekat kapal tempur cepat Iran itu dari kapal-kapal Amerika selama insiden adalah 204 kaki. Peristiwa itu terjadi pada Senin (26/4) di perairan internasional di utara Teluk.

Peristiwa itu terjadi saat Iran sedang menggelar negosiasi dengan kekuatan-kekuatan dunia untuk membawa kembali AS dan Teheran ke kesepakatan nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). AS telah memastikan pada sekutu-sekutunya di Teluk Arab mengenai status perundingan tersebut.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *