Connect with us

Kuliner

Mi Panjang Umur, Filosofi Mie Sebagai Makanan Khas Imlek

Published

on

Share

Reportersatu, Mie mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari banyak orang Indonesia. Makanan yang memang dibawa dan diperkenalkan oleh budaya Tionghoa ini sudah dikenal lama dan bahkan sangat mudah ditemukan di mana saja.

Namun tahukah bahwa ternyata mie juga menjadi sajian penting saat merayakan Imlek? Mie merupakan makanan khas Imlek yang memiliki makna mendalam. Dilansir dari China Highlights, mie adalah simbol panjang umur. Alasan ini muncul tak lain karena bentuk mie yang panjang.

Mie saat Imlek bisa dimasak menjadi berbagai menu, namun yang paling umum adalah dimasak berkuah. Ini bertujuan untuk memudahkan orang yang memakannya. Karena secara tradisional, ada cara makan mie yang ditentukan oleh orang Tiongkok.

loading...

Baca Juga : Mengintip 5 Kue Keberuntungan Yang Wajib Ada Saat Imlek

Saat makan mie, disarankan untuk menyeruput hingga semua bagian mie masuk ke mulut, jangan memutus atau menggigit mie ketika masuk ke mulut karena bisa memutus keberuntungan dan makna yang seharusnya dibawa mie itu sendiri.

Jadi, jika ada sajian mie saat Imlek, jangan heran. Karena ternyata mie memiliki makna filosofis baik yang tak dapat dilepaskan dari tradisi rakyat Tionghoa.

Tertarik membuat resep mi panjang umur untuk Tahun Baru? Berikut resep membuat mie panjang umur dilansir dari The Spruce Eats.

Bahan-bahan:
8 gelas air
1 sdt garam
1/2 pon mie telur tipis atau spageti kering

Bahan saus:
3 cangkir kaldu atau kaldu ayam
1 sdm kecap atau sesuai selera
1 sdt minyak wijen
2 sdt tepung maizena dicampur dengan 4 sdt air
Merica putih atau hitam secukupnya

Telur rebus:
2 butir telur, kocok sebentar

Hiasan:
3 batang daun bawang, cincang halus
1/2 – 2/3 cangkir ham matang, cincang

Cara membuat:
Didihkan air dan rebus mi hingga setengah matang, gunakan sumpit untuk memisahkannya. Bilas mie berulang kali dengan air dingin dan tiriskan. Bagi mie secara merata di antara mangkuk.

Angkat panci dari api. Tambahkan telur kocok, tuangkan perlahan-lahan melalui ujung garpu dan aduk cepat ke satu arah selama sekitar 1 menit.

Hiasi dengan ham cincang dan daun bawang. Gunakan wajan untuk merebus telur. Telur rebus ditempatkan di atas mie dan tuang saus. Tuang kuah panas, hiasi dengan daun bawang dan irisan ham. Sajikan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *