Connect with us

Nasional

Menko PMK: Para ABK Akan Segera dipulangkan ke Tanah Air

Published

on

Menko Pmk Para Abk Akan Segera Dipulangkan Ke Tanah Air
Share

Reportersatu, Menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan Menko PMK Muhadjir Effendi mengatakan sudah melakukan koordinasi terkait penjemputan anak buah kapal (ABK) yang berada di luar negeri. Nantinya, para ABK ini akan segera dipulangkan ke tanah air dan akan dipusatkan di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai,Bali.

Baca Juga : Merebaknya Corona, Polda Metro Jaya Batasi Kunjungan Ke Rutan PMJ

loading...

“Jadi ABK ini sekarang skemanya tidak seperti yang semula yaitu dari pelabuhan tetapi mereka dengan pesawat udara dan nanti Menlu (Retno Marsudi) akan menjelaskan. Sebagian besar dari WNI akan mendarat di Bandara Ngurah Rai,” kata Muhajir Effendi kepada wartawan Selasa, 31 Maret 2020.

Muhajir menuturkan bahwa pemerintah pusat telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Untuk meminta izin mendaratkan sejumlah ABK yang berada di luar negeri. Asalkan, dengan sejumlah mekanisme protokoler perlindungan Covid-19 versi WHO.

“Koordinasi sudah dilakukan karena itu sudah ada kerjasama dengan Pemprov dan kabupaten/ kota di Ngurah Rai mereka juga sudah siapkan prosedur protokol pengawasan kesehatan kepada yang bersangkutan,” ucap Muhadjir.

Kepada wartawan Muhadjir menambahkan dari data yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia sedikitnya ada sekitar 11.000 ABK Indonesia yang tengah berada di luar negeri. ABK ini bekerja di kapal pesiar yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga : Waspada Corona, PLN Menghimbau Pelanggan Lakukan Pembayaran Online

“ABK khususnya kapal pesiar kira-kira ada 11 ribuan ABK tersebar di seluruh dunia ini. Jadi kita ada upaya untuk memulangkan semuanya. Insya Allah,” tutup Muhadjir. (Mey)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *