Connect with us

Wisata

Menjelajah Wisata Majalengka Yang Memanjakan Mata

Published

on

Ozqkp47oxwsrrrnjyph9 (1)
Share

Reportersatu, Majalengka sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terdapat pada perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Saat ini, nama Majalengka begitu banyak menjadi perbincangan berbagai kalangan. Sebab, kabupaten ini menyimpan banyak sekali tempat wisata yang mampu memanjakan mata, khususnya para wisatawan.

Baca Juga : Menelusuri Destinasi Wisata Alam Banyuwangi Yang Eksotis

Berikut adalah tempat wisata Majalengka yang indah dan wajib untuk dikunjungi.

Terasering Panyaweuyan Argapura

Tempat wisata Majalengka yang pertama adalah terasering Panyaweuyan Argapura. Bagi Anda yang tahu pemandangan hamparan sawah luas dari atas layaknya di Bali, sebenarnya juga ada di Kabupaten Majalengka lho. Apabila ingin menikmati keindahan yang ada pada Terasering Panyaweuyan ini dapat dimulai sejak pagi hari pukul setengah 6 pagi hingga pukul 8 pagi.

Pada waktu tersebut Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah. Anda dapat menikmati sunrise di pagi hati atau pun sunset di sore hari. Apabila Anda adalah salah seorang penggemar fotografi, Anda juga bisa melakukan hunting foto di sini sehingga mendapati hasil sangat bagus.

Gunung Ciwaru

Tempat wisata Majalengka selanjutnya adalah Gunung Ciwaru. Gunung ini memiliki pemandangan yang dapat mendukung foto Anda di media sosial menjadi hits dan spektakuler dengan spot foto kekinian. Agar bisa mencapai titik puncak, Anda bisa menaiki tangga, maka diperlukan persiapan fisik yang kuat sebelum berkunjung ke sini.

Di gunung ciwaru Anda juga akan mendapatkan spot foto beragam, mulai dari spot selfie berbentuk sarang burung dengan pemandangan luas pepohonan hijau nan asri dan masih banyak lagi. Maka tak ada salahnya Anda mengunjungi gunung ciwaru apabila sedang ada di Kabupaten Majalengka.

Situ Cipanten

Situ cipanten adalah salah satu tempat wisata Majalengka yang tepatnya terletak di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang. Situ cipanten ini merupakan wisata berupa danau yang memiliki luas sekitar lebih dari satu hektar dengan menyuguhkan panorama yang tentu amat memanjakan mata Anda. Air danau situ cipanten ini tak pernah kering, bahkan di musim kemarau sekalipun. Hal tersebut lantaran danau ini berasal dari tujuh mata air.

Pepohonan yang rindang serta panorama indah akan membuat setiap orang yang mengunjungi danau ini merasa sejuk. Air akan terlihat amat jernih ketika musim cerah tiba menjadi salah satu pesona yang tidak bohong. Maka tak heran apabila, situ cipanten ini banyak menarik perhatian pengunjung dan mampu mengundang rasa penasaran netizen.

Gunung Karang

Tempat wisata Majalengka berikutnya adalah gunung karang yang terletak di Blok Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa dan hingga saat ini menjadi wisata favorit. Spot ini menjadi lokasi tepat untuk dikunjungi para penggila foto selfie. Gunung karang merupakan kawasan bukit dengan dihiasi batuan besar serta diselingi kawasan hutan pinus yang sangat menyejukkan mata.

Dari atas puncak Gunung Karang, para pengunjung akan disuguhkan panaroma Lembah Sungai Cilutung dengan batas alam wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang. Juga terdapat juga gardu pandang yang memiliki latar belakang lembah pegunungan yang mengalir Sungai Cilutung.

Situ Sangiang

Selanjutnya ada situ sangiang yang merupakan tempat wisata Majalengka yang wajib dikunjungi. Situ sangiang merupakan objek wisata yang terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran. Danau alami satu ini memiliki luas sekitar 14 hektar dan memiliki sejarah yang erat dengan legenda Prabu Talaga Manggung dan kedua anaknya.

Talaga Manggung sendiri merupakan kerajaan di Majalengka yang diperkirakan ada pada abad 15. Kepercayaan masyarakat setempat ikan yang terdapat di Situ Sangiang adalah jelmaan prajurit Talaga Manggung. Adanya kepercayaan tersebut membuat apabila ada ikan yang mati di daerah tersebut tak boleh diambil dan harus dikebumikan seperti manusia.

Curug Ibun Pelangi

Berikutnya adalah curug ibun pelangi yang merupakan air terjun dengan aliran sungai serta diapit dua tebing tinggi. Tempat wisata Majalengka yang satu ini terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura. Objek wisata ini disebut dengan Green Canyon Majalengka.

Tempat wisata Majalengka dinamai curug ibun pelangi karena ada embun air yang jatuh akan terkena cahaya matahari sehingga muncul pelangi pada sekitar curug. Pelangi tersebut hanya muncul ketika cuaca cerah. Fenomena tersebut membuat pelangi curug ibun nampak sangat indah.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *