Connect with us

Kesehatan

Menjaga Kesehatan Pencernaan Dengan Minuman Probiotik

Published

on

Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus
Share

Reportersatu, Pencernaan yang sehat dapat menghindarkan seseorang dari berbagai macam penyakit, mulai dari GERD, tukak lambung, hepatitis, batu empedu, irritable bowel syndrome, penyakit Celiac, wasir, hingga kanker.

Saluran cerna yang sehat adalah cerminan daya tahan tubuh yang baik. Karena hampir 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat pada jaringan usus.

Selain itu, di dalam usus, hidup bakteri baik atau probiotik yang berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Bakteri ini juga diketahui dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh melalui beberapa mekanisme.

Ditambah lagi, jika saluran cerna dalam keadaan sehat, penyerapan nutrisi akan lebih maksimal, sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kerja sistem kekebalan tubuh juga tercukupi dan daya tahan tubuh pun menjadi lebih kuat.

Jika saluran cerna bermasalah dan jumlah bakteri baik menurun, proses penyerapan nutrisi akan terganggu. Begitu juga dengan kerja berbagai komponen sistem kekebalan tubuh di usus. Hal ini tentu bisa melemahkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Kenali Jenis-Jenis Osteoporosis Dan Cara Pencegahannya

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Karena memiliki peranan yang begitu penting dalam menjaga daya tahan tubuh, kesehatan pencernaan tidak boleh diabaikan. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah dengan menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Agar jumlahnya tetap terjaga, bakteri baik di dalam usus perlu diberi asupan makanan yang disebut dengan prebiotik. Prebiotik bisa diperoleh dari buah dan sayuran yang tinggi serat, misalnya apel, pisang, atau asparagus. Selain itu, prebiotik juga bisa didapat dari bawang putih, bawang merah, oat, biji rami, biji kakao, dan rumput laut.

Selain konsumsi makanan yang mengandung prebiotik, Anda juga bisa minum minuman probiotik untuk memelihara keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Saat ini, sudah banyak minuman kemasan yang dibuat dari susu fermentasi dengan kandungan probiotik.

Salah satunya adalah minuman probiotik yang mengandung bakteri baik Lactobacillus casei Shirota strain (LcS) hidup di dalamnya. Penelitian membuktikan bahwa LcS dapat mendukung kerja sistem imun melalui peningkatan aktivitas sel NK (natural killer). Sel ini merupakan sel imun yang berperan dalam melawan virus dan sel tumor.

Pada penelitian ini ditemukan bahwa aktivitas sel NK telah meningkat sejak 1 minggu setelah mengonsumsi minuman probiotik yang mengandung LcS. Menariknya, peningkatan aktivitas sel NK masih terjadi meskipun konsumsi telah dihentikan selama 3 minggu.

Pilihlah minuman probiotik yang mengandung bakteri baik dalah jumlah tinggi agar efektif dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, bahkan mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti diare. Dan, konsumsi minuman probiotik setiap hari untuk memperoleh manfaatnya secara optimal.

Jika Anda memiliki alergi susu, tidak perlu khawatir. Minuman probiotik yang mengandung L. casei Shirota strain ini sudah mengalami proses pemanasan dan fermentasi sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh dan terbukti aman dikonsumsi oleh orang yang menderita alergi susu.

Alergi susu pada dasarnya adalah reaksi berlebihan dari sistem imun terhadap protein susu. Nah, selain meningkatkan aktivitas sel NK, bakteri baik dalam usus juga bisa menghasilkan senyawa-senyawa yang dapat menekan reaksi sistem imun yang berlebihan ini. Bahkan, senyawa yang dihasilkan bakteri baik ini juga berlaku pada pemicu alergi lainnya, tidak hanya susu.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *