Connect with us

Kuliner

Mengintip 9 Menu Tradisional Khas Ramadhan

Published

on

Share

Reportersatu, Indonesia salah satu negara yang memiliki banyak makanan khas. Di setiap daerahnya terdapat makanan khas yang menjadi identitas dari setiap kota. Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan dan keberagaman dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Acara-acara dan tradisi dalam menyambut datangnya Ramadan selalu menimbulkan kerinduan yang mendalam. Termasuk juga urusan makanannya, yang hanya bisa kita jumpai di bulan Ramadan.

Baca Juga : Bolu Menara, Sebuah Inovasi Menjaga Tradisi

Berikut makanan yang bisa kita jumpai di bulan Ramadan di berbagai daerah:

1. Lemang

Lemang adalah makanan khas Sumatera yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang.

2. Sotong Pangkong

Sotong Pangkong biasa dikonsumsi warga Pontianak saat Ramadan. Sesuai dengan namanya, Sotong Pangkong merupakan kuliner yang berbahan dasar daging cumi yang diolah dengan cara dipanggang dimana sebelumnya daging cumi dipukul-pukul terlebih dahulu hingga pipih.

loading...

3. Asida

Asida merupakan makanan khas Maluku yang hanya ada di bulan Ramadan. Asida ini terbuat dari terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Asida merupakan makanan yang berasal dari Jazirah Arab. Terdapat perbedaan komposisi pada asida Timur Tengah dan asida lokal khas Maluku.

4. Bubur Kampiun

Bubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatra Barat yang terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

5. Kicak

Kicak dibuat dari ketan yang ditumbuk halus, dicampur dengan gula, parutan kelapa muda, nangka muda, serta daun pandan dan vanili. Semua bahan yang dicampur menjadi satu dikukus. Kue khas Ramadan ini memang pas saat berbuka puasa, terlebih rasanya yang manis dan beraroma khas.

6. Mie Glosor

Mie glosor ini merupakan makanan yang berasal dari Bogor. Berbeda dengan mie pada umumnya yang terbuat dari tepung terigu, Mie Glosor terbuat dari tepung singkong atau aci yang dicampur dengan kunyit sehingga menghasilkan tekstur yang licin. Dengan tampilannya yang berwarna kuning terang dan bentuk yang lurus serta tidak bergelombang.

7. Kurma

Kurma adalah buah yang sering kita jumpai pada bulan suci Ramadan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini menjadi pilihan wajib saat hendak berbuka puasa.

8. Kolak

Kolak memang selalu identik dengan menu buka puasa, isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai dan tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari kolak adalah pisang, ubi jalar dan bisa di tambah dengan pacar cina yang warna-warni serta ditambah kuah yang manis.

9. Kolang-Kaling

Kolang-kaling adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang-kaling ini dibuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Kolang-Kaling biasanya sangat populer dan menjadi makanan favorit saat bulan Ramadan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *