Connect with us

Kuliner

Mengintip 5 Kue Keberuntungan Yang Wajib Ada Saat Imlek

Published

on

Share

Reportersatu, Perayaan tahun baru imlek sudah semakin dekat. Setiap keluarga yang merayakan, tentunya telah mempersiapkan segala sesuatu untuk tahun baru imlek. Selain hiasan yang berhubungan dengan imlek, ada juga kue yang wajib disajikan saat perayaan telah tiba.

Di Indonesia, Imlek diramaikan dengan hiasan-hiasan yang sering diasosiasikan dengan kata “fu”, mulai amplop merah, atau dikenal angpao, dan juga kuliner yang melambangkan keberuntungan.

Baca Juga : Pawon Steak, Kuliner Kelas Bintang Lima Yang Ga Bikin Kantong Bolong

Nah, apa saja kue-kue yang identik dengan keberuntungan?

1. Kue Ku
Kue Ku merupakan kue dengan warna merah terang, yang merupakan lambang kemakmuran. Kue ku berbentuk lonjong dan terbuat dari tepung beras yang memiliki isi kacang hijau halus. Biasanya di atas kue ku ini ada cetakan dengan gambar-gambar yang juga identik dengan keberuntungan di tahun yang baru.

loading...

Kue ku ini terasa manis dan memang dimakan ketika Imlek karena melambangkan keberuntungan dan umur panjang, dengan harapan bahwa siapapun yang menyantapnya akan terus menjadi sehat sepanjang tahun.

2. Kue bulan
Pasti yang satu ini sering kamu lihat di iklan-iklan menjelang perayaan Imlek! Kue bulan, atau moon cake memang merupakan satu kue yang biasanya ada dan disantap ketika merayakan Festival Musim Gugur. Tapi tidak jarang juga kue bulan ini muncul ketika perayaan Imlek.

Kue tradisional yang legendanya sudah ada sejak dinasti Ming ini biasanya berbentuk bulat, karena dipercaya bahwa bentuk bulat ini melambangkan kebulatan dan keutuhan. Jadi siapapun yang memakannya akan mengalami keutuhan, dalam segi rezeki, kemakmuran, kesehatan, dan juga keberuntungan.

3. Kue Wajik
Dari sekian banyak kue-kue yang telah disebutkan di atas, kue berikut ini juga dipercaya membawa keberuntungan. Kue wajik, yang terbuat dari beras ketan dan kemudian dicampur dengan gula merah ini pastinya lezat dan manis.

Dengan bentuknya yang menyerupai jajaran genjang, kue dengan bentuk mirip gunung ini dipercaya melambangkan cita-cita. Sehingga ketika disantap, harapannya adalah di tahun yang baru ini, semua cita-cita si pemakan akan tercapai.

Selain itu, bentuknya yang memang agak tinggi juga melambangkan harapan kepada keluarga. Kemudian, dengan teksturnya yang lengket, dipercayai bahwa kedekatan satu sama lain dalam keluarga bisa menjadi suatu hal yang manis di tahun yang baru.

4. Kue Ong Lei
Selain itu, juga ada kue Ong Lei. Kue Ong Lei ini memang merupakan kue kering yang mirip dengan nastar. Dengan isian nanas, buah yang dipercaya membawa keberuntungan, pastinya yang memakan kue ini ketika perayaan Imlek akan diikuti oleh keberuntungan sepanjang tahun!

Perbedaan utama kue Ong Lei dengan kue-kue yang telah disebutkan di atas adalah bahwa kue ini memiliki tekstur kering. Bahkan, ada beberapa budaya yang membuat kue Ong Lei ini dengan bentuk pastry kecil, tentu saja dengan isian nanas yang merupakan identitas kue ini.

5. Sunrise Pie
Selain keempat kue di atas, kamu juga harus mencoba kreasi Ann’s Bakehouse & Creamery! yang satu ini. Dengan datangnya Imlek di tahun 2021 ini, Sunrise Pie melakukan comeback! Mirip dengan kue-kue di atas, Sunrise Pie melambangkan terbitnya matahari yang dipercaya akan membuat harimu cerah.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *