Connect with us

Wisata

Mengenal Wisata Gua Hawang Dengan Kolam Air Jernih Didalamnya

Published

on

745x489 Img 21971 Gua Hawang Di Pulau Kei Kecil Maluku (1)
Share

Reportersatu, Wisata air biasanya berada di laut atau pantai dengan hamparan pasir putih dan terumbu karang. Di Maluku Tenggara terdapat objek wisata air yang berada di dalam gua. wisata ini berada di pulai kecil Kei, yang terdapat gua bernama Gua Hawang disana.

Berada di Desa Letvuan, gua ini menjadi salah satu obyek wisata yang memiliki kolam berair jernih dengan perpaduan stalagmit dan stalaktit. “Air di gua ini berasal dari aliran mata air Evu, memiliki kedalaman antara satu hingga tiga meter tergantung pasang surut air gua,” kata Budhi Toffi.

Baca Juga : Wisata Alam Bertabur Bunga di Kota Biei, Jepang

Tiba di lokasi, wisatawan harus turun meniti tangga ke mulut gua. Tidak berapa lama, wisatawan sudah bisa melihat stalaktit dengan pemandangan biru air kolam di bawahnya. Wisatawan bisa berenang dan menikmati sejuknya air gua Hawang. Keindahan berbalut mitos Budhi Toffi menceritakan ada mitos yang melekat di Gua Hawang.

Hawang sendiri, kata Budhi, yang memiliki arti “setan” dalam bahasa setempat. “Mitosnya, air di gua ini berkhasiat. Bisa membuat yang berenang di kolamnya awet muda, enteng jodoh hingga mendapatkan keturunan,” kata Budhi Toffi.

Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara. Selain itu, jauh sebelum menjadi tempat wisata, gua ini terlebih dulu menjadi tempat bagi orang-orang untuk bersemedi, karena dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.

Terlepas dari mitos tersebut, memang menyenangkan untuk berenang di kolam Gua Hawang. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan angkot dari Pasar Langgur dengan tarif Rp 7.000 atau bisa menggunakan kendaraan pribadi. Tarif masuknya Rp 25.000 per mobil.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *