Connect with us

Kesehatan

Mengenal Penyakit Tipes dan Cara Mengatasinya

Published

on

5e69fc82bb9fc (1)
Share

Reportersatu, Tipes adalah penyakit yang menyebabkan penderita mengalami demam dan sakit perut yang di sebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii. Penyebaran bakteri tersebut bisa melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja.

tipes yang di sebut juga demam tifoid yang banyak terjadi di negara-negara berkembang. Selain menular melalui makanan, penularan tipes juga bisa terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri. Penyakit ini dapat membahayakan penderita jika tidak segera diatasi dengan baik.

Baca Juga : Selain Dapat Mengatasi Jerawat, Ini 12 Kegunaan Tea Tree Oil

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terserang tipes, seperti sanitasi buruk, tidak mencuci tangan sebelum makan, dan mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri. Biasanya, seseorang yang terinfeksi bakteri tersebut akan mengalami beberapa gejala. Mengetahui gejala tipes penting diketahui agar bisa melakukan upaya pencegahan.

Lantas, apa saja penyebab tipes dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya:

Mengenal Penyakit Tipes

Seperti yang sudah diketahui, tipes adalah penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, hampir 100.00 penduduk Indonesia terjangkit penyakit tipus setiap tahunnya. Tak heran, jika penyakit ini dinyatakan sebagai endemik dan masalah kesehatan serius yang harus segera ditangani begitu gejala tipus muncul.

Ada beberapa penyebab tipes yang biasa dialami oleh penderita, di antaranya sebagai berikut:

• Tidak menjaga kebersihan

• Musim hujan yang berlangsung lama

• Mengonsumsi makanan dan minuman kotor

• Sering menggunakan kamar mandi yang kotor

• Sering bertukar pakaian dengan orang lain

• Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Gejala Penyakit Tipus

Banyak penderita yang kerep menyepelekan gejala tipes, padahal kondisi ini jika tidak segera ditangan dengan baik bisa memperburuk kondisi tubuhnya. Berikut beberapa gejala tipes yang harus diwaspadai:

Demam

Gejala tipes yang paling banyak dialami oleh penderita adalah demam. Gejala ini merupakan hasil dari proses peradangan dalam tubuh yang dipicu kerja sistem imun saat melawan infeksi bakteri. Biasanya, penderita akan mengalami demam secara bertahap setiap harinya.

Mudah Berkeringat

Gejala tipes yang kerap dialami penderita lainnya yaitu mudah berkeringat. Ketika demam, suhu tubuh akan meningkat dan penderita akan sangat mudah berkeringat meski tidak sedang aktif bergerak.

Kehilangan Nafsu Makan

Salah satu gejala tipes yang paling umum adalah kurang nafsu makan. Gejala ini merupakan bentuk respons tubuh saat imun melawan bakteri penyebab infeksi. Akibatknya, otak melepas zat-zat peradangan yang memberikan sinyal ke sistem saraf pusat untuk memicu pelepasan leptin.

Mengalami Gangguan Pencernaan

Tipes adalah penyakit infeksi yang dapat menyerang pencernaan, terutama usus. Hal inilah yang menyebabkan penderita mengalami sakit perut atau diare. Selain itu, usus yang terinfeksi bakteri tidak mampu mencerna makanan dengan baik, sehingga menghambat proses penyerapan air.

Sering Merasa Lelah

Seseorang yang mengalami gejala tipes juga sering merasakan lemas dan mudah lelah. Sebab, tipus menyebabkan diare yang membuat tubuh harus membuang banyak cairan. Tak heran, jika tubuh akan terasa lebuh lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Cara Mengatasi Penyakit Tipes Secara Alami

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi tipus adalah dengan vaksinasi. Pemerintah telah menganjurkan imunisasi tifoid kepada anak yang sudah berusia di atas dua tahun dan diulang setiap tiga tahun. Seperti halnya jenis vaksin lainnya, vaksin tifoid tidak memberikan perlindungan 100 persen.

Oleh karena itu, anak yang sudah divaksin masih rentan terkena penyakit tipus. Para ahli selalu menyarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan, mengonsumsi makanan yang sehat, dan menggunakan kamar mandi bersih. Dengan menerapkan pola hidup sehat, diharapkan mampu mengurangi gejala tipes.


Share
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *