Connect with us

Kesehatan

Mengenal Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Mencegah Kanker

Published

on

6 Manfaat Sawi Putih Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Kecantikan Kulit (1)
Share

Reportersatu, Sawi putih adalah jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis atau kol, brokoli, dan kale. Semua sayuran ini merupakan kelompok kubis. Dibandingkan dengan kubis, bentuk sawi putih lebih lonjong dan memiliki daun berwarna hijau muda hingga putih dengan tekstur keriput. Manfaat sawi putih kurang lebih sama dengan manfaat jenis sayuran cruciferous lainnya.

Sawi putih mengandung sedikit kalori. Hal itu menunjukkan bahwa jenis sayuran ini cocok dikonsumsi secara rutin. Tak berhenti sampai di situ, manfaat sawi putih juga berasal dari kandungan nutrisi yang lain.

Baca Juga : Kenali Manfaat Dan Efek Samping Serai Yang Perlu di Waspadai

Menurut United States Departement of Agriculture atau USDA, 70 g sawi putih hanya mengandung 9 kalori. Selain itu, dalam jumlah yang sama, Anda bisa mendapat 1.53 karbohidrat, 74 mg kalsium, 31.5 vitamin C, 156 mcg vitamin A, dan masih banyak nutrisi penting lainnya.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh, apalagi bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa diberikan oleh sawi putih untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mencegah Kanker

Sawi putih mengandung banyak folat yang berguna untuk produksi dan memperbaiki DNA. Artinya, pertumbuhan sel kanker akibat mutasi DNA bisa dicegah jika Anda mengonsumsi sawi putih secara rutin. Tak berhenti sampai di situ, sawi putih mengandung vitamin C dan betakaroten.

Jenis nutrisi itu berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit. Sawi putih juga memiliki kandungan selenium yang bermanfaat untuk membersihkan senyawa penyebab kanker, mencegah peradangan, dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat sawi putih selanjutnya berguna bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Sawi putih mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi akibat konsumsi sodium. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1.500 mg sodium per hari agar kesehatan Anda terjaga.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengutip dari Medical News Today, vitamin C dalam sawi putih berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya meningkatkan produksi kolagen, kandungan tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit akibat polusi dan efek sinar matahari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain manfaat sawi putih yang sudah disebutkan, mengonsumsi jenis sayur tersebut secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, lo. Selenium dalam sawi putih mampu meningkatkan respons sistem imun terhadap infeksi virus dan bkateri penyebab penyakit.

Guna mendapatkan manfaat sawi putih, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk segar maupun dimasak. Anda juga bisa mencampurnya dalam berbagai hidangan. Jika ingin mengonsumsi sawi putih mentah, pastikan Anda mencucinya hingga benar-benar bersih. Langkah ini akan mengurangi risiko Anda untuk tertular kuman maupun penyakit


Share
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *