Connect with us

Kesehatan

Mengenal 5 Khasiat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

Published

on

Share

Reportersatu, Daun binahong dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki segudang khasiat. Salah satu manfaat daun binahong yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah kemampuannya dalam mengatasi luka bakar hingga penyakit ginjal kronis.

Daun binahong Merah memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun ini juga didukung oleh kandungan senyawa alami seperti flavon, tanin, dan saponin yang mampu mencegah berbagai penyakit kronis.

Cara mendapatkan manfaat daun binahong merah cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun binahong merah dan diseduh dengan air panas. Selain itu, daun binahong juga dapat dijadikan jus dengan tambahan madu sebagai pemanis.

Lantas, apa saja manfaat daun binahong merah untuk kesehatan? Simak beragam manfaatnya yang dilansir dari Healthline:

Mengobati Luka Bakar

Salah satu manfaat daun binahong merah adalah mengobati luka bakar. Daun binahong memiliki kandungan flavonoid, saponnin, dan tannin yang berfungsi efektif untuk mempercepat penyembuhan luka bakar.

Kandungan saponin pada daun binahon mampu berperan sebagai antiseptik, yang bisa menurunkan risiko infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Sementara itu, kandungan flavonoid dalam daun binahong juga terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka.

loading...

Menurunkan Risiko Diabetes Miletus

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Melansir dari Healthline, diabetes melitus terjadi karena tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi lain. Selain itu, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat memicu terjadinya berbagai gangguan organ tubuh.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah diabetes miletus adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun binahong. Kandungan senyawa aktif flavonoid, steroid, dan kumarin di dalam daun binahong berperan penting untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus dan meningkatkan fungsi hormon insulin.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat atau gout bisa terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh terlalu tinggi (hiperurisemia). Akibatnya, asam urat menumpuk dan membentuk kristal asam urat mengiringi jaringan yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembengkakan. Kondisi ini biasanya terkena di jempol kaki, pergelangan kaki, siku, dan pergelangan tangan.

Banyak faktor yang menjadi penyebab asam urat, salah satunya terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Cara mengatasi asam urat yang paling mudah yaitu dengan ekstrak daun binahong. Kandungan flavonoid pada daun binahong berfungsi efektif menghambat pembentukan asam urat, sehingga mampu mengurangi risiko serangan asam urat.

Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit kronis. Beberapa gejala yang paling sering dirasakan penderita hipertensi seperti sakit kepala, lemas, masalah penglihatan, hingga sesak napas.

Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi juga sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Akibatnya, hal ini dapat memicu beragam penyakit lain, seperti jantung dan stroke. Sehingga apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya segera diatasi.

Cara mengatasi hipertensi yang cukup efektif adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun binahong merah. Sebab, daun binahong merah memiliki efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. Tentu saja manfaat daun binahong merah ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ ekskresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bagian bawah. Ginjal sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti menyaring kotoran serta membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal.

Dilansir dari laman Healthline, beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya yaitu dengan menjaga pola makan sehat.

Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal, salah satunya mengonsumsi daun binahong merah. Manfaat daun binahong merah ini didapat karena kandungan senyawa aktif yang mampu meningkatkan fungsi ginjal, khusunya pada kondisi gagal ginjal kronis. Dengan mengonsumsi ekstrak binahong merah secara teratur, dapat meningkatkan fungsi ginjal


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *