Connect with us

Peristiwa

Mengatasi Banjir Pemerintah Membutuhkan Dana Rp4,4 Triliun

Published

on

Webp.net Resizeimage (68)
Share

Reportersatu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Bekasi membutuhkan dana Rp4,4 triliun untuk mengatasi banjir dari hulu ke hilir. “Hitungan pertama konsultan itu Rp4,4 triliun untuk memperbaiki Kali Bekasi dari hulu sampai hilir termasuk membangun bendungan Narogong,” kata dia, Selasa, 25 Februari 2020.

Sejumlah lokasi di Kota Bekasi terandam banjir akibat curah hujan sejak Senin malam. Ketinggian air bervariasi mulai dari 20 sentimeter hingga dua meter

Basuki mengatakan di Bekasi terdapat Sungai Cileungsi dan Cikeas yang menjadi hulu Kali Bekasi. “Kami sudah miliki desainnya secara keseluruhan. Sekarang kami sedang value engineering

loading...
 yang dikerjakan konsultan, kami review apa sudah benar termasuk cost-nya.”

Basuki mengakui ada sejumlah perumahan yang memang cekung sehingga akan selalu didatangi banjir. “Lalu ada lagi di atasnya lagi di Perumahan Nusa Indah yang daerah cekungan tapi harus direlokasi  karena itu memang daerah galian C tapi dibuat jadi perumahan. Ini menurut Bupati Bogor,” kata dia.

Basuki mendukung bila ada relokasi untuk masyarakat yang menempati perumahan tersebut. “Saya minta bupati dialog dengan masyarakatnya, kalau mau direlokasi kami bikinkan rusun, apartemen supaya mereka pindah supaya bisa dipakai pengendalian banjir,” ujarnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *