Connect with us

Nasional

Menaker Imbau Para Boss Perusahaan Terapkan WFH Selama 14 Hari

Published

on

Menaker Imbau Para Boss Perusahaan Terapkan Work From Home 14 Hari
Share

Reportersatu, Menteri Tenaga Kerja (Kemenaker) Ida Fauzia sudah menerbitkan Surat Edaran khusus kepada sejumlah boss perusahaan swasta terkait instruksi presiden untuk menerapkan Work From Home (WFH) kepada seluruh pegawainya di perkantoran maupun pabrik.

Baca Juga : Jumlah Data Terkini Pasien Korban Virus Corona di Indonesia

Penerapan WFH tersebut seyogyanya harus dilaksanakan secepatnya sampai pada 31 Maret 2020 mendatang sembari menunggu maklumat presiden terkait kondisi terkini dari Presiden Joko Widodo.

“Melarang bagi pekerja/buruh berkategori pasien dalam pemantauan (PDP) untuk bekerja paling lama 14 hari atau sesuai standar Kementerian Kesehatan. “Upah mereka tetap dibayarkan penuh,” kata Ida Fauziah dalam rilis tertanggal 17 Maret 2020 itu yang diterima Reporter Satu.

loading...

Politisi PKB tersebut juga menjelaskan bahwa adanya anjuran untuk mengisolasi diri bila terdapat ciri-ciri mencurigakan. Semisal flu tidak kunjung henti, demam, panas badan, batuk dan susahnya pernafasan.

“Bagi mereka yang berkategori suspect dan dilakukan isolasi mandiri sesuai arahan dokter maka upah juga dibayarkan secara penuh selama masa isolasi mandiri tersebut, ” tulis Ida Fauziyah.

Mantan rekan duet Sudirman Said di Pilkada Jawa Tengah tersebut juga menjelaskan perihal bagi pekerja yang tidak masuk kerja karena positif terjangkit Covid-19, dibuktikan dengan surat dokter, maka upah juga dibayarkan sesuai peraturan perundangan.

Aturan lainnya yang juga diatur dalam Surat Edaran itu adalah menyangkut pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah di masing-masing daerah guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19, sehingga menyebabkan sebagian atau seluruh pekerjanya tidak masuk kerja dengan pertimbangan kelangsungan usaha.

Maka perubahan besaran maupun cara pembayaran upah mereka dilakukan sesuai kesepakatan antara pengusaha dengan pekerjanya.

Baca Juga : Merebaknya Virus Corona Kantor KPU Tetap Beraktivitas

“Saya minta kepada gubernur untuk sampaikan surat ini kepada bupati, wali kota, serta pemangku kepentingan terkait di wilayah masing-masing,” pungkas Ida Fauziah. (Mey)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *