Connect with us

Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Penurun Berat Badan

Published

on

Mengandalkan Manfaat Kacang Kedelai Untuk Mencegah Serangan Penyakit Alodokter
Share

Reportersatu, Apabila Anda atau anak Anda kurang menyukai susu sapi atau bahkan alergi terhadapnya, terdapat alternatif lain untuk meminum susu yaitu susu kedelai. Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari sari kedelai.

Meski sebutan aslinya adalah sari kedelai, namun orang-orang lebih mengenalnya dengan susu. Hal tersebut karena sari kedelai memiliki warna yang putih kekuningan menyerupai susu.

Susu kedelai mengandung asam lemak omega-3 esensial dan flavonoid yang merupakan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif. Kandungan susu kedelai ini membuat susu kedelai menjadi minuman sehari-hari yang disarankan untuk dikonsumsi.

Susu kedelai kaya akan serat yang memiliki efek besar pada berat badan dan kadar kolesterol baik. Minuman ini dikenal membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. Menggabungkan susu kedelai dengan diet rendah lemak dan beberapa protein kedelai dapat membantu Anda menyingkirkan obesitas sambil menjaga massa otot yang tetap terjaga.

Kedelai adalah produk yang meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyakit jantung. Susu kedelai meningkatkan kadar lipid plasma pada seseorang dan mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. Minuman ini kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang bersama-sama meningkatkan kesehatan jantung.

loading...

Jika Anda sering berhadapan dengan wabah jerawat, beralihlah ke diet kaya kedelai. Produk yang satu ini sendiri cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (suatu kondisi penggelapan kulit). Dan tidak hanya itu; sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan.

Susu kedelai, bila dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat berdampak baik pada rambut. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilan.

Susu kedelai kaya akan kalsium. Kandungan kalsium dalam minuman ini meningkatkan kesehatan tulang dengan membuatnya lebih kuat, menjaga strukturnya tetap utuh, sehingga mengurangi risiko patah tulang. Susu kedelai cocok untuk mencegah osteoporosis.

Olahraga membuat tubuh akan kehilangan lemak serta membakar kalori dan pemulihan adalah hal yang harus dilakukan setelahnya. Jadi, jika Anda seorang vegan atau tidak toleran laktosa, susu kedelai bisa menjadi minuman yang sempurna bagi Anda untuk memastikan pemulihan yang lebih baik setelah berolahraga. Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu Anda memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

Susu kedelai dapat meningkatkan mood Anda. Susu kedelai mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam meningkatkan mood Anda. Selain itu, susu kedelai kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh Anda yang berfungsi sebagai antidepresan bagi pikiran Anda.

Kedelai dapat meningkatkan hasil kesuburan pada wanita yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan.

Dalam sebuah studi di 36 wanita yang tidak memiliki periode dalam enam bulan, mereka yang mengambil 6 gram sehari bubuk kedelai hitam memiliki tingkat ovulasi dan siklus menstruasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kedelai.

Studi lain pada lebih dari 200 wanita yang menerima perawatan fertilisasi in vitro (IVF) menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan 1.500 mg fitoestrogen kedelai sehari memiliki tingkat implantasi dan kehamilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kedelai.

Selain itu, asupan kedelai oleh calon ayah tampaknya tidak berdampak negatif pada tingkat kehamilan pada wanita yang menerima IVF.

Menurut penelitian, kadar estrogen, yang terkait dengan risiko kanker payudara, dapat dikurangi dengan asupan susu kedelai. Wanita pasca-menopause beresiko sangat tinggi untuk kanker payudara dan dapat mengkonsumsi produk kedelai untuk manfaat kesehatan lain dari penggantian estrogen.

Sebuah studi komprehensif tentang penggunaan produk kedelai telah mempertimbangkan hasil yang ditunjukkan oleh American Cancer Society dan American Institute for Cancer Research, penelitian ini menunjukkan bahwa aman bagi wanita untuk mengonsumsi susu kedelai karena isoflavon dalam berbagai susu ini bekerja sebagai agen anti-kanker.

Susu kedelai juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa isoflavone genistein, yang banyak ditemukan dalam kedelai, melindungi terhadap pembentukan katarak yang diinduksi sinar-X pada tikus. Kesimpulannya, susu kedelai juga baik dikonsumsi manusia untuk menjaga kesehatan matanya.

Susu Kedelai mengandung kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam hubungannya dengan antioksidan phyto-antioksidan yang kuat. Senyawa-senyawa ini membantu pembuluh darah Anda agar tidak terkena lesi dan pendarahan dengan menempelkan diri pada lapisan pembuluh darah Anda dan secara efektif mempertahankan lapisan sel-sel Anda dari radikal bebas dan deposit kolesterol.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
3 Comments

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *