Connect with us

Seni & Budaya

Mandolin, Alat Musik Tradisional dari Negeri Pizza

Published

on

Eastman Md504 Mandolin With Case [2] 23345 1 P (1)
Share

Reportersatu, Mandolin adalah sebuah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional.

Mandolin merupakan alat musik petik yang bentuknya seperti gitar tetapi bagian resonatornya sedikit lebih membulat atau “gendut”. Alat musik ini berfungsi sebagai pembuat melodi dan tergolong jenis chordophone yang sumber bunyinya berasal dari rangkaian dawai yang dipetik, digesek ataupun ditekan.

Alat musik ini biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional, khususnya seni musik Melayu, dan tarian Rudat yang biasanya ditampilkan pada saat perayaan hari-hari besar agama Islam. Mandolin sebagai instrumen pengiring tari rudat biasanya dipadukan dengan rebana, biola, dan jidur.

Alat musik ini memang berasal dari benua biru, tepatnya Italia, yang kemudian digunakan dalam berbagai pertunjukan seni musik di Timur Tengah. Musik Timur Tengah sendiri di masa lalu banyak mempengaruhi berbagai jenis musik di Indonesia.

Baca Juga : Banjo, Instrumen Musik Ciptaan Budak Afrika

Jenis-Jenis

Pada awal kemunculannya mandolin memiliki enam senar ganda, namun dalam perkembangannya hanya dimainkan dalam empat senar ganda. Jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan gitar. Saat ini mandolin dimainkan dalam beberapa jenis musik modern.

Ada tiga jenis mandolin yang penggunaannya berbeda-beda tergantung jenis musik yang dimainkan, yaitu:

(1) neapolitan yang biasa dimainkan dalam musik klasik;

(2) mandolin a-style, biasa dimainkan dalam pertunjukan musik irish, bluegrass, rock, dan klasik; serta

(3) f-style, jenis mandolin yang paling mahal dan memiliki nada-nada rumit, biasanya untuk pertunjukan musik bluegrass.

Selain itu ukuran mandolin juga berbeda-beda, terutama yang biasa dimainkan dalam musik Timur Tengah. Di Indonesia sendiri, grup musik yang mengusung mandolin sebagai salah satu instrumen musik di antaranya adalah OM Soneta, dan OM Pengantar Minum Racun yang dimotori Jhony Iskandar pada vokal.

Cara Memainkan

Mandolin dipetik menggunakan plektrum atau pick, yaitu benda kecil berbahan plastik atau material lain yang dibentuk datar menyerupai segi tiga atau tetesan air. Saat bermain, mandolin diletakkan di atas pangkuan, bagian belakang resonator yang membulat atau “gendut” menjadikannya agak sulit jika diletakkan sedikit di bawah dada seperti gitar atau banjo yang belakangnya rata atau datar.

Mandolin tidak boleh ditekan terlalu kuat karena dapat meredam suara yang keluar, meski sebenarnya bertujuan agar letaknya ‘ajeg’ (tidak goyang-goyang). Posisi mandolin dalam pangkuan sebaiknya miring atau diagonal ke arah bagian tubuh yang tidak bergerak dominan, dengan leher mengarah ke atas. Setelan kunci dilakukan dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan dalam posisi horisontal memetik dawai. Pick untuk memetik dawai disisipkan di antara ibu jari dan telunjuk.

Susunan Dawai

Dawai atau senar pada mandolin disusun berpasangan dimana masing-masing pasangan senar akan menghasilkan nada yang sama. Susunan senar biasanya dari nada rendah ke nada tinggi dengan urutan nada G-D-A-E. Agar nada yang dihasilkan tidak sumbang, senar harus ‘rajin’ diperiksa. Dawai pada alat musik petik akan cepat rusak jika sering dimainkan, terlebih dengan gaya atau nada yang ekstrim. Bukan hanya nada sumbang tetapi jari juga bisa terluka.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *