Connect with us

Otomotif

Mahasiswa Belanda Ciptakan Mobil Listrik dari Bahan Daur Ulang

Published

on

Luca 11 1200 (1)
Share

Reportersatu, Sekelompok mahasiswa dari Universitas Teknologi Eindhoven Belanda berhasil membuat mobil listrik. Uniknya bahan utama mobil ini adalah limbah daur ulang.

Mobil listrik bernama Luca itu terbuat dari sampah sepenuhnya. Para mahasiswa tersebut merasa perlu memanfaatkan limbah, karena manusia menghasilkan sekitar 2,1 miliar ton limbah setiap tahun.

Mobil listrik imut ini sudah diperkenalkan awal November. Bahan utamanya adalah limbah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang.

Misalnya, sasisnya dibuat dari rami dan plastik daur ulang, yang mana sebagian besar diambil dari laut. Sebagian besar plastik itu adalah botol PET, yang mana tercatat bahwa wadah PET bisa didaur ulang maksimal 10 kali.

Sehingga penggunaan wadah PET itu disebut bisa membuat usia mobil cukup panjang. Sedangkan bodi mobil listrik ini terbuat dari ABS daur ulang, yang biasa ditemukan pada produk dapur, mainan, dan televisi. Warna kuning pada bodinya juga bisa dihilangkan saat luca perlu didaur ulang juga.

Baca Juga : Mobil James Bond Mercury Cougar XR7 1969 Akan Dilelang Bulan Depan

Semua jendela mobil juga terbuat dari bahan daur ulang, kecuali kaca depan. Begitu pula dengan interiornya yang terbuat dari sampah.

Dua kursi yang dibuat khusus itu memiliki bantal yang teruat dari rambut kelapa dan bulu kuda dengan kain pelapis hasil daur ulang PET. Konsol tengahnya juga dibuat dari limbah rumah tangga dan limbah produksi Luca sendiri, seperti rami dan plastik hasil tangkapan laut.

Secara keseluruhan, Luca jelas lebih buruk jika dibandingkan dengan mobil listrik pada umumnya. Tapi, Luca dinilai lebih baik daripada e-bike. Luca memberikan keuntungan sepenuhnya bebas emisi.

Didukung oleh dua motor listrik di roda belakang, Luca bisa mencpati kecepatan tertinggi 90 kpj dan memiliki daya jangkau 220 kilometer dalam sekali pengisian daya. Dengan berat tidak lebih dari 360 kg, Luca berkapasitas dua penumpang.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *