Connect with us

Internasional

Lonjakan Kasus Covid-19 di India Picu Kelangkaan Oksigen

Published

on

Share

Reportersatu, Hingga saat ini, lebih dari 15,6 juta kasus covid-19 telah dilaporkan di India. Lonjakan itu diduga akibat keteledoran pemerintah yang melonggarkan pembatasan kegiatan di tengah program vaksinasi. Selain itu, masyarakat juga mengabaikan protokol kesehatan seperti enggan mengenakan masker atau menjaga jarak.

Jhon Hopkins University menunjukkan lebih dari 182.500 kematian terkait covid-19. Keadaan akan lebih parah karena persediaan oksigen menipis.

Dilansir Reuters, Rabu (21/4), persediaan oksigen di seluruh rumah sakit pemerintah di ibukota New Delhi dilaporkan hanya cukup untuk delapan sampai 24 jam saja.

loading...

Baca juga : Antisipasi Demam Babi Afrika, China Atur Strategi Bentuk Sistem Kontrol Wilayah

Sedangkan nasib persediaan oksigen di rumah sakit swasta lebih miris, yakni hanya cukup untuk lima jam saja.

“Kami menghadapi masalah besar terkait persediaan oksigen, tetapi akan kami coba atasi. Kemarin memang sempat krisis. Kita hanya punya persediaan oksigen untuk empat sampai lima jam pada malam hari,” kata Kepala TeknikBiomedis Institut JantungFortis Escorts, RonitKumar.

Akan tetapi, tambahan pasokan oksigen tiba sebelum fajar setelah seluruh rumah sakit di Delhi mendesak para pemasok untuk menyediakan tambahan oksigen.

Menurut seorang sumber di Rumah Sakit Apollo Indraprastha di New Delhi, para perawat dan dokter jaga sempat kebingungan karena persediaan oksigen untuk pasien corona hampir habis pada tengah malam. Akan tetapi, setelah dikontak akhirnya tambahan oksigen sebanyak dua truk tangki tiba.

Ada sekitar 200 pasien corona yang tengah dirawat di rumah sakit itu.

“Kami sempat khawatir dan berharap pasokan oksigen terus ditambah,” kata sumber itu tanpa mau menyebutkan nama.

Selain kelangkaan oksigen, hampir seluruh rumah sakit di New Delhi penuh menampung pasien corona. Dari 142 rumah sakit, 80 di antaranya sudah tidak bisa menampung lagi pasien rawat inap.

Lonjakan kasus corona di India membuat pemerintah setempat disorot. Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan akan terus berupaya memastikan ketersediaan oksigen bagi pasien corona.

“Pemerintah pusat dan daerah termasuk sektor swasta akan berupaya menjamin ketersediaan oksigen. Kami mencoba meningkatkan produksi oksigen di seluruh negeri,” kata Modi dalam pidato yang disiarkan melalui televisi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *