Connect with us

Internasional

Lima Orang Tewas Saat Badai Yaas Terjang India

Published

on

Share

Reportersatu, Badai Yaas terjang India dan Bangladesh, ratusan ribu penduduk desa di sepanjang daerah pantai dataran rendah di kedua negara tersebut mengalami banjir pada hari Kamis (27/5/21).

Menurut laporan dari pihak otoritas kedua negara banjir ini yang disebabkan angin topan kencan telah menewaskan lima orang.

Badai Yaas yang menerjang daerah Odisha pada hari Rabu (26/5) membawa hembusan sekencang 140 kph dan mencambuk gelombang pasang di darah Bengal Barat dan Bangladesh.

loading...

Baca Juga : Pulihkan Hubungan, AS Kembali Buka Kedubes di Yerusalem

Badai in merupakan badai kedua yang menghantam India dalam kurun waktu seminggu dan juga datang di saat India sedang kesulitan menghadapi gelombang kedua pandemi virus corona yang membuat banyak rumah sakitnya penuh dan juga kehabisan oksigen.

Petugas penyelamat sudah mengirimkan bantuan makanan dan minum kepada para warga di 124 desa di Odisha. Setidaknya dua orang sudah meninggal karena bencana ini di sana.

Sekitar 500,000 orang sudah berada di posko penyelamatan di Bengal Barat dan pihak berwajib mengatakan kalau mereka sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran virus disana.

“Posko-posko disini mempunyai ruang karantina untuk mereka yang menunjukkan gejala Covid-19 seperti demam, radang tenggorokan atau tidak enak badan,” kata petugas kesehatan di daerah Gosaba, Dr Indranil Bargi kepada Reuters.

Pihak otoritas Bangladesh juga melaporkan kalau desa-desa mereka juga kebanjiran karena hujan deras dan gelombang pasang surut. Dikabarkan oleh Agensi Manajemen Bencana Bangladesh, kalau tiga orang meninggal, dua karena tenggelam satu lagi karena tertiban pohon.

“Saya belum pernah melihat gelombang pasang setinggi ini. Banyak desa-desa  menjadi kebanjiran. Banyak orang menjadi terlantar karena rumahnya hanyut,” ujar pejabat distrik pantai Khulna, Humayum Kabir.

Badai Yaas sudah melemah pada hari Kamis disaat badai itu menuju ke pedalaman negara bagian Jharkhand.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *