Connect with us

Kuliner

Ragit, Kuliner Legendaris Khas Palembang yang Diburu Saat Ramadhan

Published

on

Share

Reportersatu, Meskipun terkenal dengan kuliner pempeknya, Palembang punya kuliner khas lain yang diburu saat bulan Ramadan. Kuliner tersebut adalah Ragit yang bentuknya mirip dengan Roti Jala sajian khas India yang biasa disajikan dengan kuah kari.

Kehadiran kue ragit membuktikan masuknya pengaruh budaya India ke Palembang. Konon ragit dibawa pendatang dari India yang memiliki ciri khas kari pada kulinernya. Kuliner satu ini masih lestari hingga kini, terutama di bulan Ramadan diburu untuk menu berbukan puasa.

loading...

Desi Rahmat, ibu rumah tangga yang menjadi perajin kue salah satu pedagang yang melestarikan kue ragit di gerai pempeknya di Jalan Arjuna Sako Palembang.

Baca Juga : Mengenal 8 Makanan Khas Inggris Yang Menggugah Selera

Ragit bentuknya mirip roti jalan dari India. Bentuknya bisa segitiga atau dadar gulung yang berpadu dengan kuah kari yang gurih.

Uniknya ragit seperti jaring laba-laba dan kaya rempah-rempah bercampur daging ayam agar lebih lezat. Untuk membuat ragit dibutuhkan bahan antara lain tepung terigu, garam, telur ayam dan air.

Bahan-bahan kemudian disatukan dan diaduk hingga merata. Setelah disaring selanjutnya dadar bahan ke wajan dengan membentuknya secara menyilang sehingga menyerupai jaring. Setelah ragit selesai kemudian menyiapkan kauh kari.

Bumbu dapur yang telah dihaluskan ditumis, setelah harum masukkan daging ayam dan santan. Aduk perlahan hingga mengental lalu tambahkan daun salam dan irisan cabai.

“Kalo harga sangat terjangkau per porsi sekitar Rp6000,” kata Desi.

Hanya saja pada hari biasa Ragit sangat susah ditemukan bahkan nyaris tak ada karena dijual oleh pedagang komunitas Arab di Palembang, seperti di Kota Baru, Pasar Kuto, atau daerah Sayangan.

Namun, ketika bulan Ramadan tiba pun kepopuler Ragit sebagai takjil berbuka diklaim mengalahkan pempek.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *