Connect with us

Peristiwa

Kronologi Pengungkapan Peredaran Sabu 11 KG di Tengah Wabah Corona

Published

on

Kronologi Pengungkapan Peredaran Sabu 11 Kg Di Tengah Wabah Corona
Share

Reportersatu, Polres Metro Jakarta Barat mengungkapkan kronologi penangkapan pengedar narkoba jaringan internasional yang memanfaatkan wabah virus corona. 

Kanit 1 Sat Res Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP Arif Purnama Oktora menjelaskan pihaknya mengungkap peredaran narkoba di Cibinong, Bogor, Jawa Barat Minggu (22/3/2020).

Baca Juga : Rumah Industri Obat-Obatan Berbahaya Bagi Kesehatan, digerebek Polda Jatim

Disitu aparat berhasil amankan 100 gram paket sabu dan sebuah buku catatan pemesanan narkoba. Berangkat dari buku catatan itu mereka terus menelusuri jaringan pengedar lainnya. 

“Sampai akhirnya Selasa (24/3/2020) kami kembali mendapatkan barang bukti sabu kira-kira 548 gram,” ujar Arif. 

Bukan hanya itu, Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat kembali berhasil mengamankan sabu seberat 506 gram dari jaringan yang sama. Pengungkapan itu mereka lakukan Kamis (26/3/2020).

loading...

Lewat pengungkapan itu, polisi mendapatkan nama bos pengedar sabu tersebut. Pelaku merupakan warga negara Malaysia yang kini statusnya masih DPO. 

Polisi juga menemukan alamat belasan kilogram sabu yang hendak didistribusikan. Sebanyak 11 kg sabu ditaruh di sebuah kos-kosan di Tanjung Duren, Jakarta Barat. 

“Awalnya kami temukan 1 kg sabu di kamar kos itu. Kemudian ditelusuri lagi di dalam sebuah tas ditemukan 10 Kg sabu sehingga total 11 Kg,” ujar Arif.

Baca Juga : Bea dan Cukai, TNI dan Polri Musnahkan Miras Puluhan Ton

Ketika ditelusuri jaringan tersebut masih satu jaringan dengan kasus narkoba yang tahun lalu pernah diungkap Polres Metro Jakarta Barat. 

“Kami masih terus  berupaya, pantau gerakan jaringan ini. Jadi doakan supaya kami bisa mengungkap jaringan yang lebih luas lagi,” ujar Arif.

Diberitakan sebelumnya Jaringan narkoba internasional memanfaatkan  wabah virus corona untuk menyelundupkan narkoba jenis sabu. Sebanyak 11,1 kilogram (kg) sabu berhasil diamankan oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat. 

“Sangat memperihatinkan buat kami karena mereka menggunakan momen wabah virus corona untuk mengedarkan narkoba,” kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona dalam konferensi pers Senin (30/3/2020). 

AKP Arif Oktora mengatakan penangkapan itu berasal dari kecurigaan mereka dengan oknum pengedar yang memanfaatkan wabah virus corona untuk edarkan narkoba. 

Para oknum pengedar itu ditangkap di empat tempat berbeda yakni Cibinong, Kedoya, Pesing dan Tanjung Duren.
Mereka ialah SA (30), AW ( 30 ), NR als R (34), MAS als K (34), AS als T (34), AW als B (35).

Baca Juga : Seorang Janda Lagi Wik-Wik Sama Bule Portugal digerebek Warga

“Seluruhnya adalah rangkaian dari satu jaringan narkotika internasional setelah kita amankan enam pelaku,” ujar Arif.

Keenam pelaku itu juga dipastikan positif menggunakan narkoba jenis sabu. Sehingga keenamnya berperan sebagai kurir sekaligus pengedar. 
Saat ini satu pelaku yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia masih dalam pengejaran polisi. 

“Saat ini statusnya masih DPO dan kami juga tengah lalukan pengejaran di Malaysia,” ujarnya. (Tito)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *