Connect with us

Nasional

KPK Jarang OTT, DPR: Pemberantasan Korupsi Sukses

Published

on

Kpk Jarang Ott, Dpr Pemberantasan Korupsi Sukses
Share

Reportersatu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan jarang melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Karena hal tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan bahwa kinerja KPK saat ini berarti sukses karena tidak ada perilaku korupsi.

Anggota komisi III DPR RI fraksi Golkar Supriansa mengatakan bahwa ukuran keberhasilan KPK tidak bisa dihitung dari banyaknya OTT. Malah tidak ada OTT membuktikan KPK telah berhasil menjalankan tugasnya.

Baca Juga : KPK Sebar 3 Foto Buronan Kasus Korupsi

loading...

“Jangan di ukur keberhasilan KPK dengan banyaknya OTT. Bahkan menurut saya dengan jarangnya OTT itu berarti KPK justru berhasil melakukan pencegahan Korupsi,” kata Supriansa saat dihubungi di Jakarta.

Supriansa menambahkan, tugas KPK tidak hanya melakukan penindakan melainkan juga mengantisipasi melalui pencegahan agar tidak terjadi korupsi.

“KPK akan tetap melakukan tindakan hukum termasuk upaya tangkap tangan tersebut sebagaimana diatur dalam KUHP maupun undang-undang tindak pidana korupsi,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, KPK periode 2019-2023 memang berfokus pada upaya pengembalian kerugian negara dalam hal penindakan pelaku korupsi. Meski begitu, kata dia, KPK tetap tidak akan menghapus giat OTT sebagai salah satu cara melaksanakan tugas penindakan di lembaga antirasuah.

Baca Juga : KPK Perpanjang Masa Penahanan Tersangka Wahyu Setiawan

“KPK akan tetap melakukan tindakan hukum termasuk upaya tangkap tangan tersebut sebagaimana diatur dalam KUHP maupun undang-undang tindak pidana korupsi,” ucapnya beberapa waktu lalu.

KPK juga diketahui sempat melakukan OTT terkait kasus suap Eks Caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Harun Masiku yang juga melibatkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Dalama kasus suap PAW tersebut, KPK berhasil menangkap Wahyu sementara Harun hingga saat ini masih buron.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *