Connect with us

Nasional

Kominfo Imbau Platform Tutup Akun Pelaku Terkait Prostitusi Online

Published

on

Share

Reportersatu, Terkait berita yang belum lama ini beredar luas dan menghebohkan masyarakat bahwa aplikasi pesan instan MiChat menjadi wadah untuk praktik prostitusi online di Indonesia dan banyak melibatkan anak di bawah umur yang menjadi korbannya.

Menyoroti permasalahan ini Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pihaknya meminta penyelenggara aplikasi untuk menutup akun pelaku praktik prostitusi. Menurut keterangan Johnny, pihak MiChat

loading...
berjanji untuk menutup akun terkait prostitusi online.

Baca Juga : BKN Bagikan Kantong Belanja Non Plastik Jelang Bulan Ramadhan

“Kami sudah meminta komitmen dari pengelola aplikasi pesan instan untuk melakukan take down akun yang disalahgunakan untuk kegiatan ilegal atau melanggar hukum, termasuk prostitusi online,” ujarnya melalui keterangan pers, Sabtu (20/3).

“MiChat sendiri sudah ada perwakilannya di Indonesia, dan sudah berkomitmen untuk melakukan take down akun-akun di MiChat yang disalahgunakan oleh warganet di Indonesia yang melakukan janji pertemuan ataupun promosi kegiatan prostitusi online, yang dilaporkan oleh Kominfo, Polri, ataupun masyarakat,” kata Johnny.

Meski begitu, Johnny mengatakan pihaknya harus tetap menunggu koordinasi dari institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terlebih dulu. Kominfo sendiri, lanjutnya, berkomitmen untuk proaktif menanggapi kasus semacam itu untuk menjaga ruang digital di Indonesia.

“Belum ada formal request dari Polri. Namun, Tim Cyber Drone Kominfo akan berkoordinasi bersama Polri terkait pemanfaatan konten MiChat tersebut agar ruang digital kita bersih dan bermanfaat–sebagaimana amanat berbagai perundangan-undangan di Indonesia,” sambung dia.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *