Connect with us

Peristiwa

Kibarkan Bendera RMS, 3 Simpatisan Terancam Hukuman Seumur Hidup

Published

on

Share

Reportersatu, Polsek Saparua, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku menangkap dua orang simpatisan Republik Maluku Selatan (RMS) lantaran mengibarkan Bendera RMS di Negeri Ulath, Kecamatan Saparua Timur.

Dua orang yang diamankan itu masing-masing AP (32) dan ML (43). Mereka berprofesi petani asal warga Ulath, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah. Saat ini mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga : Sanksi Putar Balik Kendaraan Pemudik Diperpanjang hingga 24 Mei 2021

loading...

Tim Regu Patroli Polsek Saparua yang dipimpin Kapolsek AKP Roni F. Manawan lalu menangkap AP (32) dan ML (42) dan barang bukti empat buah bendera RMS berukuran 2 meter kali 110 cm pukul 10.00 WIT.

Mereka langsung digelandang menuju Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease dengan pengawalan bersenjata lengkap dari anggota Buser Polresta Ambon pada Sabtu (15/5) petang.

“Mereka sudah ditetapkan tersangka setelah dibawah dari Polsek Saparua ke Polresta Ambon, Sabtu (15/5) petang,” kata Kepala Subbagian Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Izaac Leatemia saat dihubungi, Minggu (16/5/21) siang.

AP (32), ML (43) dan FP dijerat dengan pasal 106 KUHP tentang makar dan atau pasal 110 KUHP tentang permufakatan jahat terkait makar dengan ancaman hukuman seumur hidup atau 20 tahun penjara.

Kini, anggota Front Kedaulatan Maluku (FKM) yang berafiliasi dengan Republik Maluku Selatan (RMS) itu sudah diamankan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Polresta Ambon.

“Awalnya polisi menangkap AP (32) dan ML (43), namun setelah pengembangan bertambah satu berinisial FP, sehingga total tersangka menjadi tiga orang,” ucap dia.

“Satu pelaku berinisial FP merupakan pemain lama atau residivis, sedangkan dua rekannya berinisial AP dan ML merupakan pelaku baru,” lanjutnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *