Connect with us

Kesehatan

Kiat Mengatasi Rasa Kantuk Saat Beraktifitas

Published

on

Share

Reportersatu, Mengantuk selama beraktivitas tentunya akan mengganggu produktivitas. Pasalnya, Kamu juga jadi kehilangan konsentrasi. hal ini terjadi karena beragam faktor. Namun, umumnya terjadi karena seseorang tak mencukupi kebutuhan tidur di malam hari. Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk ini agar produktivitas tetap lancar?

Baca Juga : 6 Cara Posisi Duduk Yang Benar Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

1. Bergerak
Salah satu cara efektif untuk menghilangkan ngantuk adalah dengan bergerak. Bangunlah dari tempat duduk dan berjalan mengelilingi kantor, paling tidak, selama 10 menit. Dengan berjalan kaki, jantung akan memompa lebih banyak darah yang kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen ini akan menjaga otak tetap aktif dan waspada, hingga akhirnya rasa kantuk pun menghilang.

loading...

2. Makan camilan sehat
Kopi biasanya diandalkan untuk menepis rasa kantuk. Namun, sebetulnya, jika diminum di waktu yang salah, kopi justru akan menurunkan kualitas tidur di malam hari.
Sebagai gantinya, untuk menghilangkan ngantuk saat kerja ialah dengan mengonsumsi camilan menyehatkan, seperti yogurt dan kacang-kacangan, buah-buahan, dan teh hijau.

3. Melakukan teknik pernapasan
Dengan malakukan teknis pernapasan, kadar oksigen dalam tubuh akan meningkat, detak jantung melambat, tekanan darah menutn, dan aliran darah meningkat. Hal ini bisa meningkatkan energi dan performa kerjamu.

Tariklah napas dalam melalui hidung dan embuskan napas melalui bibir yang mengerucut. Ulangi hingga 10 kali.

4. Tidur siang sebentar
Kamu bisa tidur siang sambil duduk, atau berbaring jika memungkinkan. Lakukanlah pukul 2 siang, dalam durasi 15-20 menit. Jika dilakukan kurang dari waktu yang disarankan ini, tubuhmu tak akan mendapat manfaatnya. Sementara, lebih dari itu, Kamu justru akan tetap mengantuk dan lesu.

Cara tersebut bisa membuat tubuhmu rileks dengan cepat dan lebih dalam.

5. Perbaiki kualitas tidur
Hal terpenting dan efektif yaitu tingkatkan kualitas tidurmu. Hindari aktivitas yang mengganggu tidurmu. Misalnya bermain ponsel, menonton TV, atau laptop, di saat menjelang tidur. Cara ini guna mencukupi kebutuhan tidur malam selama 7 jam. Selagi Kamu memenuhi kecukupan ini, rasa ngantuk yang mengganggu tentu tak akan datang. Pasalnya, ngantuk sendiri merupakan salah satu tanda bahwa Kamu butuh istirahat.

Selain itu, pastikan untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama, agar jam biologismu teratur dan tak mudah diserang ngantuk saat siang hari.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *