Connect with us

Kesehatan

Kiat Mengantisipasi Pelupa Akibat Proses Penuaan

Published

on

Images (4)
Share

Reportersatu, Seiring bertambahnya usia, ingatanmu akan menurun karena otakmu membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses dan mempelajari informasi baru. Bahkan Kamu juga jadi kesulitan untuk mengingat. Namun, jangan khawatir, sebab ada cara untuk memperkuat ingatan dan mempelambat efek penuaan terhadap ingatan, lho.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengantisipasi pelupa akibat proses penuaan.

1. Amati dengan seksama
Tumbuhkan minat terhadap apa yang mau Kamu ingat, lalu pikirkan terus. Libatkan semua inderamu saat memproses informasi. Pelajari setiap detailnya dengan lebih dekat, mencium, menyentuh, dan mendengarkan dengan seksama. Di sisi lain, otak harus memilih apa yang harus diingat. Lantas perhatikan apa atau siapa yang ingin Kamu ingat.

2. Hubungkan informasi baru dengan yang lama
Hubungkan sesuatu yang ingin Kamu ingat dengan hal yang sudah Kamu ketahui. Cara menghubungkan informasi lam dengan yang baru akan membuatnya jadi lebih bermakna. Sehingga Kamu jadi lebih mudah mengingatnya.

3. Gunakan imajinasi
Visualisasikan gambaran dalam pikiran Kamu tentang apa yang ingin Kamu ingat. Dengan menggunakan imajinasi—yang mengada-ada atau fantastis, ingatanmu bisa lebih kuat. Namun bagi kebanyakan orang, cara ini memerlukan latihan karena kita cenderung bersikap sangat logis dan serius.

4. Pikirkan terus
Pikirkan dan jabarkan setiap detail yang ingin Kamu ingat. Semakin banyak rincian atau informasi yang bisa Kamu dapatkan—dengan melibatkan indera atau mengajukan pertanyaan, Kamu akan menambah makna dan mengingatknya.

5. Konsentrasi
Kemampuan Kamu untuk berkonsentrasi pada saat ini bisa meningkatkan kemampuanmu untuk belajar dan mengingat informasi baru.

Perlu Kamu ingat, ingatan jangka pendek itu rapuh. Jika pikiranmu terganggu, maka Kamu bisa lupa seketika. Jadi, Kamu disarankan untuk tenang, misalnya, dengan tak memikirkan apa yang ingin Kamu lakukan besok, atau khawatir soal yang terjadi kemarin.

6. Ucapkan berulang informasi yang mau diingat atau tuliskan
Jika ada info, nama, atau nomor yang ingin Kamu pelajari, ulangi beberapa kali baik dengan suara keras atau bicara pada diri sendiri. Cara sederhana seperti ini akan membantumu mengingat informasinya.

Atau, Kamu juga bisa menulis di jurnal atau kertas. Cara ini membutuhkan konsentrasi dan bisa membantumu mengingat, lho. Menulis dengan tangan membantumua mengingat lebih baik daripada mengetikkan informasi ke gawaimu.

Nah, itu dia beberapa upaya yang bisa Kamu lakukan untuk memperkuat ingatanmu. Selain itu, Kamu juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan—seperti buah berry, pisang, apel, dan sayuran hijau—dan omega-3. Menurut para ilmuwan, antioksidan mampu membunuh radikal bebas yang bisa membunuh sel otak. Sementara, omega-3 akan membantu otak memperbaiki dirinya sendiri.

Kamu juga harus tidur cukup. Pasalnya, melewatkan jam tidur malam akan menyebabkan ingatanmu tercampur aduk atau hilang, dan akan sangat sulit untuk dikembalikan.

Upaya lainnya yaitu dengan berolahraga. Jalan kaki, misalnya. Menurut penelitian, orang dewasa yang rutin jalan kaki akan memperoleh tambahan volume pusat memori otak atau hippocampus. Artinya, seseorang yang sudah tua pun masih punya kesempatan memiliki slot ingatan lebih luas.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *