Connect with us

Kesehatan

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Kusam

Published

on

Share

Reportersatu, Pernahkah Anda mengalami tampilan kulit berubah menjadi tidak segar, atau warna kulit jadi cenderung ashy? Ini dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami kulit kusam. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kulit kusam, mulai dari faktor kesehatan tubuh, hingga faktor lingkungan.

Kulit kusam biasanya ditandai dengan ciri-ciri kulit yang terlihat tidak sehat dan nampak lelah. Kulit kusam juga membuat wajah menjadi tidak terlihat cerah dan glowing ketika terpapar cahaya.

Sebenarnya, kulit kusam bisa diatasi menggunakan produk perawatan kulit biasa. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan cara sederhana termasuk memanfaatkan bahan alami. Namun, hal pertama yang harus diketahui ialah penyebab di balik kulit kusam tersebut. Dari situlah kita akan mengetahui metode apa yang paling cocok digunakan untuk mengatasinya.

Baca Juga : Simak Beberapa Manfaat Berkedip Yang Kerap di Sepelekan

Berikut beberapa penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya :

Tumpukkan Sel Kulit Mati

Setiap orang pasti menggugurkan jutaan sel kulit mati setiap harinya. Ketika Anda jarang mengangkat sel kulit mati tersebut dengan cara eksfoliasi, maka kulit akan tampak lebih gelap dan tidak cerah.

Bisa dianalogikan jika sel kulit mati tersebut adalah debu, jika tidak dibersihkan maka kotoran tersebut akan tetap ada dan mencegah kulit untuk merefleksikan cahaya.

loading...

Cara mengatasinya yakni dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah dengan lembut sebanyak satu atau dua kali seminggu. Anda bisa menggunakan beberapa produk eksfoliasi yang sesuai dengan kulit Anda.

Gunakan kandungan alpha dan beta hydroxy acid untuk mengupas sel kulit mati. Pilihlah formula yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti lidah buaya atau teh hijau untuk meminimalisasi iritasi.

Polusi

Polusi lingkungan juga bisa menjadi penyebab wajah menjadi kusam. Udara kotor yang mengandung partikel-partikel kecil seperti kotoran dan sulfur dioksida atau radikal bebas dapat merusak kulit.

Radikal bebas pada polusi dapat merusak kolagen, menyebabkan kerutan dan menstimulasi produksi pigmen terus-menerus. Ketika warna dan tekstur kulit tidak merata, maka cahaya yang terpancar ke kulit akan menyebar sehingga kulit wajah terlihat kusam.

Untuk mengatasinya Anda bisa rutin melakukan cuci muka minimal setiap malam sebelum tidur. Penggunaan krim pembersih wajah dan sabun juga terbukti lebih efektif dalam menghilangkan partikel nano polusi.

Di pagi hari, Anda bisa menggunakan serum yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C untuk mengurangi resiko kerusakan kulit akibat radikal bebas sebelum beraktivitas.

Stress

Stres yang diakibatkan oleh beberapa hal juga bisa menjadi penyebab kulit terlihat kusam. Stres akan membuat kortisol meningkat, respon negatif muncul dan aliran darah hanya menuju organ vital namun tidak ke wajah. Hal ini yang membuat wajah akan terlihat pucat serta kusam. Solusinya, coba untuk melakukan pijat dan relaksasi wajah sambil membersihkan wajah atau mengaplikasikan pelembap untuk menstimulasi aliran darah.

Kulit Dehidrasi

Dehidrasi pada kulit tentu memberikan dampak yang cukup buruk. Dehidrasi menyebabkan volume aliran darah ke kulit yang membuat kulit menjadi kusam, kering, dan gatal.

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid menggunakan jari-jari basah untuk membuat pelembap meresap ke dalam kulit.

Kurang Nutrisi

Kulit yang kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. Mineral sangat penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh. Selain memperbaiki pola makan sehat, Anda bisa menambahkan dengan mengonsumsi multivitamin harian. Disarankan untuk mengonsumsi produk yang mengandung selenium, tembaga, zat besi, dan zinc.

Hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menyebabkan warna kulit tidak merata dan terlihat kusam. Hal ini dikarenakan kolagen dalam kulit menjadi lemah. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk selalu menggunakan tabir surya dan mengaplikasikannya secara berkala jika beraktifitas di luar ruangan cukup lama.

Hormon

Kulit kusam juga bisa disebabkan karena hormon. Misalnya, ketika estrogen menurun akan mengakibatkan proporsi testosteron yang lebih tinggi sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Pori-pori wajah juga akan tertutup dan membuat kulit tampak kusam.
Anda bisa sedikit mengatasinya dengan menggunakan masker yang bisa membantu mengangkat minyak berlebih pada permukaan kulit.

Untuk mengatasi kulit kusam dengan bahan alami, Anda bisa menggunakan masker secara rutin. Ada beragam bahan masker alami untuk kulit kusam, diantaranya:

1. Pepaya

Masker yang terbuat dari campuran buah pepaya dan nanas mampu membantu mengangkat kulit kering dan kulit mati penyebab kulit kusam. Jika Anda rutin melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Cara penggunaannya dengan mencampurkan 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam ¼ cangkir pepaya mentah yang telah dihaluskan. Aduk hingga keduanya tercampur rata lalu aplikasikan ke wajah dan leher selama 15-20 menit.

2. Putih Telur

Untuk mencerahkan kulit kusam, Anda juga bisa memanfaatka putih telur sebagai masker alami. Caranya dengan mengocok putih telur sampai mengembang dan oleskan secara merata ke wajah. Tunggu sampai kering dan bilas.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *