Connect with us

Kesehatan

Ketahui 5 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Bayi

Published

on

00bc3628 7ad3 4e92 Afca 287564bf6db9 169
Share

Reportersatu, Seperti yang kita tahu, sinar matahari dapat memberi dampak buruk bagi kulit, seperti kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko kanker. Namun di sisi lain, manusia juga membutuhkan sinar matahari, khususnya untuk mendapatkan asupan vitamin D secara alami.

Begitu juga bayi, meskipun sinar matahari dapat berpengaruh buruk terhadap si kecil, namun dengan pemilihan waktu yang tepat, paparan sinar matahari akan memberikan dampak positif untuk bayi.

Dilansir dari situs parenting.firstcry.com, satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam dianggap sebagai waktu terbaik untuk menjemur bayi. Jemur selama 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut kami sajikan untuk manfaat sinar matahari pagi untuk bayi:

Asupan Vitamin D

Manfaat sinar matahari pagi untuk bayi yang pertama adalah untuk mendapatkan asupan vitamin D secara alami. Ini adalah salah satu manfaat terbesar yang akan didapat bayi.

Tubuh membutuhkan vitamin D, dan untuk membuatnya, tubuh membutuhkan minimal 15 menit paparan sinar UV setiap hari, tergantung pada warna kulit bayi. Bayi berkulit gelap membutuhkan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari, namun jangan sampai menjemur si kecil lebih dari 30 menit.

Vitamin D membantu dalam menyerap kalsium, yang pada gilirannya dapat memperkuat tulang dan gigi. Sistem kekebalan tubuh juga akan bekerja secara efisien, dan tubuh terlindungi dari penyakit.

Meningkatkan Produksi Serotonin

Manfaat sinar matahari pagi untuk bayi yang kedua yaitu dapat meningkatkan produksi serotonin. Sinar matahari dikenal dapat meningkatkan produksi serotonin ketika bayi menerimanya dalam jumlah yang diperlukan.

Serotonin, yang sering disebut ‘hormon bahagia’, akan meningkatkan perasaan bahagia dan rasa aman. Serotonin juga mengatur tidur dan pencernaan pada bayi.

Meningkatkan Kadar Insulin

Manfaat sinar matahari pagi untuk bayi yang ketiga yaitu untuk meningkatkan kadar insulin. Menerima sinar matahari sejak usia dini dapat membantu mencegah kondisi seperti diabetes sampai batas tertentu.

Meskipun itu bukan satu-satunya fasilitator kadar insulin yang baik, yang jelas ini merupakan keuntungan tambahan karena vitamin D dalam tubuh membantu mengelola kadar insulin. Pola hidup sehat dan olahraga yang mengiringi pertumbuhan anak juga akan sangat bermanfaat dalam menjaga tubuh terhindar dari diabetes.

Mencegah Penyakit Kuning

Manfaat sinar matahari pagi untuk bayi yang keempat adalah untuk mencegah munculnya penyakit kuning. Sinar matahari membantu memecah bilirubin, yaitu senyawa kekuningan yang terjadi di jalur katabolik alami, sehingga organ hati bayi dapat memprosesnya dengan lebih mudah.

Pertumbuhan bilirubin yang tidak terkendali dapat menyebabkan menguningnya kulit bayi yang baru lahir. Menjemur bayi saat pagi hari dengan telanjang selama 15 hingga 20 menit setiap hari, dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kuning ringan. Namun untuk kasus yang parah, tetap membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Meningkatkan Energi

Manfaat sinar matahari pagi untuk bayi yang terakhir yaitu untuk meningkatkan energi. Ketika bayi yang baru lahir terkena sinar matahari, akan membantu mengatur produksi melatonin.

Kadar melatonin pada bayi dapat berdampak pada pola tidurnya, yang sangat penting pada tahun-tahun awal bayi baru lahir. Sinar matahari menyebabkan penurunan kadar melatonin dan meningkatkan serotonin, sehingga meningkatkan tingkat energi.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *