Connect with us

Nusantara

Kesempatan Untuk Olahraga di Pagi Hari, Saat Libur Kerja

Published

on

20200320 105236
Share

Reportersatu, Matahari pagi terutama antara pukul 8-10 pagi paling banyak mengandung ultraviolet yang dapat membunuh virus corona. Mari berjemur pagi mumpung kerja dari rumah.

Di media sosial dan jaringan pesan berantai, muncul banyak ajakan untuk melakukan olahraga dan berjemur matahari agar terpapar matahari pagi.

Salah satunya, adalah ajakan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang dalam video yang mulai beredar di awal pekan lalu nampak bersemangat melakukan lari lagi di kawasan Gelora Bung Karno.

loading...

Namun, bagi warga tak perlu jauh-jauh datang ke tempat umum, cukup dari dekat rumah saja untuk menghindari tempat umum yang berisiko banyak virus corona.

Matahari pagi yang paling banyak mengandung ultraviolet adalah matahari pagi dengan rentang antara pukul 08.00-10.00. “Bukan panas mataharinya, tetapi sinar ultravioletnya yang mematikan virus. Karena virus mati di panas 56 derajat celcius. Disarankan setengah hingga satu jam, kena ultraviloet,” ujar mantan Kapolri ini.

Dalam video yang beredar, sambil berlari kecil dengan Nyonya Tri Suswati Karnavian, Tito menyebut dia telah membaca buku terbitan Thiongkok yang berdasar penelitian ahli saat wabah sedang merebak di sana, yang menyebut keampuhan sinar ultraviolet terhadap virus corona.

“Kita syukuri mendapat sinar matahari sepanjang tahun,” ujar Tri Suswati Karnavian, sambil terus berlari.

Mari kita budayakan olahraga pagi bersinar matahari, yang memperkuat daya tahan tubuh karena membangkitkan hormon endorpin yang akan memperbaiki mood kita,menguatkan tulang karena membangkitkan vitaman D.

Bahkan menurut Samantha Clayton Director Worldwide Fitnes Education Herbalife Nutrition, olahraga pagi meningkatkan resting metabolic rate (RMR) atau tingkat pembakaran kalori dalam tubuh, yang buat badan menjadi bugar, dan paling penting lagi segala flu seperti corona Covid-19 tidak gampang datang.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *