Connect with us

Nasional

Kepercayaan Publik, Cyrus Network Polri Tercatat Lebih Unggul dibandingkan KPK

Published

on

Ilustrasi Pasukan Anti Huru Hara Polri
Share

Reportersatu, Cyrus Network memaparkan hasil survei nasional terhadap 1.230 responden pada 24 – 30 Januari 2020. Dalam laporan hasil survei disebutkan jika tingkat kepercayaan publik terhadap Polri tercatat lebih unggul dibandingkan kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Polri saat ini dianggap makin kuat (71%), makin solid (68%) dan makin bisa dipercaya (62%),” ujar CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam pemaparan rilis survei di Jakarta, Jumat (13/3).

loading...

Eko menjelaskan, persepsi penilaian publik terhadap Polri ini lebih baik jika dibandingkan penilaian publik terhadap KPK. Sebab, sebesar 57% responden menganggap KPK makin kuat, makin solid 54% dan makin bisa dipercaya 57%

“Untuk pertama kalinya survei menemukan penilaian kepercayaan publik terhadap kepolisian lebih baik jika dibandingkan penilaian terhadap KPK, ” ungkap Eko.

Baca Juga: Menkes Ingatkan Masyarakat Selain Corona, DBD Perlu diwaspadai

Ia mengatakan, berdasarkan survei, Polri berhasil mengkomunikasikan wajah institusi yang humanis ketika bersentuhan dengan masyarakat. Meski sempat beberapa kali mendapatkan persepsi negatif, terutama dalam soal penanganan unjuk rasa saat menolak Revusi UU KPK dan RUU KUHP.

Sementara itu, survei ini juga mencatat penilaian paling positif dari masyarakat terhadap institusi TNI. “TNI dianggap sebagai institusi paling kuat (82%), paling solid (80%) dan paling dipercaya (80%),” kata Eko.

Menurutnya, hampir tak ada gesekan dan perpecahan dalam tubuh internal TNI yang mencuat ke publik. Adapun survei ini bertujuan menguji berbagai isu paling aktual bidang sosial, politik dan pemerintahan.

Tingkat kepercayaan survei sebesar 95% dan margin of error sebesar +/- 2,85%. Survei menggunakan responden yang tersebar di 123 kelurahan/desa di 34 provinsi di Indonesia. Jumlah responden di tiap provinsi proporsional sesuai dengan besarnya penduduk di masing-masing provinsi.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *