Connect with us

Kuliner

Kenikmatan Ikan Arsik Khas Masakan Batak

Published

on

Reportersatu, Kenikmatan Ikan Arsik Khas Masakan Batak
Share

Reportersatu, Di daerah Sumatera Utara ada masakan tradisional yang berbahan dasar ikan mas. Masakan ini sering disebut ikan arsik yang dimasak dengan bumbu khusus dan menghasilkan cita rasa khas. Masakan ini cukup terkenal di Sumatera Utara, khususnya di Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Asal usul ikan arsik Ikan arsik sudah ada sejak dahulu kala. Resep masakannya diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun hingga saat ini.

Bagi masyarakat Batak, ikan arsik bukanlah masakan biasa, melainkan masakan yang dianggap penting karena memiliki nilai-nilai dan makna tersendiri.

Masakan ini biasanya ada pada saat upacara adat tertentu.

Jumlahnya ganjil dalam penyajiannya secara adat, ada tata cara khusus yang mesti dilakukan agar tidak menghilangkan maknanya.

Ikan arsik yang disajikan pada saat upacara adat haruslah berumlah ganjil, yaitu satu, tiga, lima, tujuh. Jumlah tadi memiliki arti masing sesuai dengan ketntuan adat Batak.

loading...

Satu ekor biasanya disajikan untuk pasangan yang baru menikah

Tiga ekor untuk pasangan suami istri yang baru saja mendapatkan anak

Lima ekor untuk orang tua yang sudah mempunyai cucu

Tujuh ekor untuk pemimpin / tetua Batak saja.

Meskipun begitu, bukan berarti ikan arsik tidak boleh dikonsumsi untuk sehari-hari. Kita bisa menikmati masakan ini kapanpun kita mau tanpa harus menunggu upacara adat dilaksanakan. Tetapi tentunya masakan ini menjadi tidak ada makna khusus seperti yang ada di upacara adat.

Pengolahan ikan arsik memasak ikan arsik ini tidak mudah, butuh orang yang sudah terbiasa melakukannya. Karena takaran bumbu dan cara memasaknya harus tepat untuk menghasilkan rasa yang pas.

Sebelum dimasak, bagian perutnya dibersihkan tanpa menghilangkan sisiknya. Ikan dibiarkan utuh dan tidak perlu dibelah menjadi beberapa bagian.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan maka dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan asam cikala atau buah kecombrang. Selain untuk menghilangkan bau, dapat juga membuat aroma masakan menjadi lebih sedap dan menambah cita rasa masakan ikan arsik.

Baca Juga : Campuran Koya Membuat Rasa Soto Lebih Nikmat

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak ikan arsik adalah cabai, bawang merah, bawang putih, dan aneka rempah-rempah lainnya seperti kemiri, andaliman, lengkuas, dan kunyit.

Ikan yang sudah dibersihkan tadi dilumuri secara merata dengan bumbu yang telah halus lalu dimasak dengan api sedang dan ditambahkan air. Sebagai pelengkap masakan ini, dapat juga ditambahkan daun singkong atau kacang panjang.

Perlahan-lahan bumbu akan meresap ke dalam ikan, jika airnya sudah mulai habis itu artinya ikan arsik sudah hampir masak. Beberapa menit kemudian airnya habis dan ikan arsik pun siap disajikan.

Cita rasa rasa masakan ikan arsik sangat unik dan berbeda dengan masakan ikan pada umumnya. Ini disebabkan karena penggunaan aneka bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan khas, seperti asam cikala dan andaliman.

Selain itu, sajian ikan arsik yang utuh dengan sisik yang tidak dihilangkan membuat masakan ini menjadi menarik dan menciptakan pengalaman baru saat menyantapnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *