Connect with us

Internasional

Kendalikan Covid, Negara Bagian Victoria Perpanjang Lockdown

Published

on

Share

Reportersatu, Sebagai upaya untuk mengendalikan lajunya penularan virus Corona varian baru India, Negara bagian Victoria resmi memperpanjang masa lockdown pada hari Rabu (2/6/21). namun pihak otoritas mengatakan kalau ada peraturan yang akan dilonggarkan.

Minggu lalu Victoria mulai dilockdown setelah ada tiga penduduknya yang terdeteksi positif Covid-19 . Lockdown itu awalnya dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 3 Juni, namun kasus Covid-19 disana kian meningkat secara perlahan.

Baca Juga : AS Resmi Akhiri Kebijakan Perlindungan Migran Era Trump

loading...

“Jika kita membiarkan Victoria begitu saja, virus ini bisa menyebar kemana-mana, Varian ini bisa saja menjadi tak terkendalikan dan akan banyak korban berjatuhan” ujar Perdana Menteri Victoria James Merlino kepada para wartawan di Melbourne pada hari Rabu (2/6/21).

Walaupun Victoria hanya melaporkan kasus perhari dengan jumlah yang relatif sangat kecil semenjak lockdown diterapkan, para pejabat khawatir virus varian baru itu masih dapat menyebar. Pada hari Rabu, tercatat ada enam warga Victoria yang positif Covid-19, membuat total jumlah pasien Covid-19 menjadi 60.

Otoritas kesehatan mengatakan kalau varian tersebut dapat menular ke orang lain hanya dalam sehari sedangkan yang biasa membutuhkan waktu sekitar lima sampai enam hari.

Untuk sekarang, lima juta penduduk Melbourne harus menghadapi lockdown selama dua minggu. Mereka hanya diperbolehkan keluar rumah untuk pekerjaan yang penting, ke rumah sakit, belanja kebutuhan sehari-hari, olahraga atau mendapatkan vaksinasi.

Namun peraturan ini nampaknya akan dilonggarkan untuk daerah Victoria lainnya, tergantung penyebaran virus di daerah tersebut. Namun seluruh warga Victoria masih wajib mengenakan masker saat sedang diluar rumah.

Pihak otoritas mengatakan kalau mereka berhasil melacak darimana wabah Covid-19 terbaru ini dimulai. Mereka mengatakan kalau wabah ini dibawa oleh seseorang yang datang dari luar Australia. Orang ini keluar dari hotel karantina di Australia Selatan dengan hasil tes Covid yang negatif, namun dinyatakan positif saat ia tiba di Melbourne.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *