Connect with us

Nusantara

TNI AL Bangun Monumen KRI Nanggala 402 di Surabaya

Published

on

Share

Reportersatu, Mengenang tragedi tenggelamnya kapal selam Nanggala 402 di perairan selat Bali dan untuk menghormati pengabdian abadi para awak kapal, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membangun monumen kapal selam Nanggala 402. Monumen dibangun di tanah seluar 824,5 meter di wilayah Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur.

Peletakan batu pertama pembangunan monumen kapal selam itu dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

loading...

Baca Juga : TNI-Polri Mojokerto Bagikan Beras dan Masker Untuk Warga

Yudo menyebut bahwa besar monumen yang akan dibangun sama persis dengan ukuran bentuk KRI Nanggala-402. Di dalamnya akan berisi berbagai kenangan dan juga koperasi. Pembangunan monumen tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga bulan. Lokasinya berdekatan dengan pangkalan kapal selam lain.

“Besarnya satu banding satu, di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan juga para syuhada atau pahlawan yang gugur bersama KRI Nanggala 21 April lalu,” kata dia.

Monumen itu, kata dia, rencananya akan dibuka umum. Masyarakat bisa ikut mengenang para prajurit kapal selam. Masyarakat juga bisa mengetahui dan belajar sejarah tentang KRI Nanggala-402, karena di sana juga ada monumen Jalesveva Jayamahe.

“Jadi, seperti mereka tetap beroperasi di laut tanpa batas, masyarakat bisa tahu di dalamnya dan ringkasan sejarahnya. Sehingga tidak bertanya tanya lagi KRI Nanggala kenapa karena sudah paham ” ujarnya.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *