Connect with us

Kesehatan

Kenali Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Published

on

Share

Reportersatu, Sekalipun sedang menyusui  para ibu juga diperbolehkan untuk berpuasa.

Namun untuk ibu menyusui (busui), Anda harus lebih memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

“Ibu menyusui, apalagi jika bayi yang disusui sudah besar misalnya usia lima sampai delapan bulan, itu sebenarnya butuh banyak ASI.

Maka ibu menyusui harus sangat memperhatikan asupan makanan dan minuman,” kata dokter spesialis gizi klinis, Luciana B Sutanto, dikutip dari Antara.

loading...

“Idealnya habis menyusui minum segelas, itu di luar jadwal makan sehari tiga kali dan selingan makan sehari dua sampai tiga kali ya. Jadi ibu menyusui setiap habis makan wajib minum segelas, sehabis ngemil wajib minum segelas.”

Agar produksi ASI tetap terpenuhi, ibu menyusui membutuhkan lebih dari kebutuhan asupan air putih delapan gelas air putih sehari.

Namun ketika puasa, untuk memenuhi kebutuhan asupan air putih dan makanan tentunya sulit. Untuk mengatasinya, Luciana menyarankan busui memerah ASI saat malam hari.

“ASI perah segar bisa diberikan keesokan harinya kepada buah hati,” katanya.

Para ibu menyusui disarankan untuk menyantap aneka makanan sesuai sesuai dengan panduan isi piringku yakni porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

“Kalau sudah memenuhi itu sebetulnya sudah cukup. Segelas susu bisa jadi tambahan pelengkap,” kata dia.

Selain soal asupan yang cukup, dia juga mengungkapkan bahwa selama puasa ibu menyusui juga sebaiknya tetap bergerak aktif dan juga berolahraga.

“Dianjurkan berolahraga aerobik seperti jalan kaki santai jelang puasa. Kalau mau yanghigh intensitybisa dilakukan setelah berbuka.”


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *