Connect with us

Kesehatan

Kenali Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Mata Ikan Dikaki

Published

on

Download
Share

Reportersatu, Telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling sering menerima tekanan dan gesekan dari berbagai macam benda. Mulai dari gesekan pada tanah, lantai, jalan aspal, atau sepatu yang dipakai sehari-hari.

Akibat tekanan dan gesekan yang terjadi pada telapak kaki, rawan mengalami infeksi dan infeksi. Salah satu infeksi yang terjadi pada telapak kaki adalah mata ikan.

Infeksi mata ikan di telapak kaki ini berketepatan dengan permukaan kulit yang menebal dan keras. Bukan hanya itu, mata ikan juga sering kali muncul dengan lingkaran kecil yang lebih lunak dengan warna keputihan.

Mata ikan ini muncul di permukaan kulit yang keras seperti area tulang kaki, maupun di permukaan yang lunak yaitu di antara sela jari kaki. Penyakit yang terjadi penebalan kulit, mata ikan juga menimbulkan gejala nyeri yang cukup mengganggu di bagian bawah kulit. Tidak heran, jika orang yang mengalami mata ikan ini sering kali tidak nyaman saat menggunakan alas kaki atau saat berjalan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab mata ikan di telapak kaki yang perlu Anda ketahui. Penyebab mata ikan di telapak kaki ini tidak lain yang berkaitan dengan berbagai kebiasaan yang menimbulkan gesekan atau tekanan berlebih pada bagian telapak kaki.

Dilansir dari situs Medical News Today, berikut kami merangkum beberapa penyebab mata ikan di telapak kaki, beserta gejala dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Mata Ikan

Sebelum beberapa penyebab mata ikan di telapak kaki, perlu terlebih dahulu melakukan apa yang disebut mata ikan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mata kaki merupakan kondisi yang terjadi karena adanya tekanan atau gesekan terhadap telapak kaki.

Biasanya mata ikan ketakutan dengan permukaan kulit yang keras dan menebal. Berbeda dengan kapalan, kulit keras dan menebal pada mata ikan biasanya berukuran lebih kecil.

Selain kulit yang keras dan kulit, mata ikan juga bisa muncul dengan tekstur yang lebih lunak dan kenyal. Biasanya mata ikan yang lunak terdapat warna keputihan, terasa halus, dan lebih kenyal. Mata ikan jenis ini pada umumnya terjadi di bagian kulit yang lunak seperti sela-sela jari kaki.

Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, namun mata ikan bisa menyebabkan infeksi atau ulserasi pada kulit. Risiko ini biasanya terjadi pada penderita diabetes dan orang yang mempunyai kondisi sirkulasi darah buruk di sekitar kaki.

Gejala Mata Ikan

Setelah lihat pengertiannya, berikutnya perlu diketahui beberapa gejala yang muncul pada orang yang menderita mata ikan. Berikut adalah beberapa gejala mata ikan yang perlu diketahui:

  • timbul benjolan yang dan mengeras
  • area kulit yang tebal dan kasar
  • kulit yang bersisik dan kering atau bersisik dan berlilin
  • muncul rasa nyeri di bagian bawah kulit

Mata ikan ini dapat berkembang dan menyebabkan peradangan. Biasanya kondisi ini akan mengatasi rasa sakit yang sangat mengganggu. Dengan begitu, ketentuan yang tidak boleh diambil segera penanganan yang baik dari dokter. Orang-orang dengan penyakit diabetes, nuropati perider, dan penyakit arteri perifer perlu mewaspadai hal ini.

Penyebab Mata Ikan di Telapak Kaki

Setelah respon mata ikan, berikutnya terdapat beberapa kondisi yang menjadi penyebab mata ikan di telapak kaki. Berikut adalah beberapa penyebab mata ikan di telapak kaki dan faktor risiko yang perlu diwaspadai:

  • apapun yang menyebabkan tekanan atau gesekan pada kulit
  • sepatu yang terlalu ketat atau hak terlalu tinggi, menyebabkan tekanan
  • sepatu yang terlalu longgar sehingga menyebabkan gesekan
  • jahitan yang ditempatkan dengan buruk pada sepatu yang bergesekan dengan kulit
  • kaus kaki yang tidak pas
  • tidak mengenakan kaus kaki
  • Berjalan tanpa alas kaki secara teratur, karena kulit akan melindungi dirinya sendiri
  • tindakan berulang seperti jogging atau berjalan dengan cara tertentu
  • Lebih tua, karena ada lebih sedikit jaringan lemak di kulit, yang berarti lebih sedikit bantalan dan risiko lebih tinggi berkembangnya kapalan, terutama pada bola kaki

Cara Mengatasi Mata Ikan secara Alami

Setelah beberapa penyebab mata ikan di telapak kaki, berikut adalah beberapa cara mengatasi mata ikan yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu meringankan gejala dan kondisi mata ikan yang sedang Anda alami.

Berikut beberapa cara mengatasi mata ikan secara alami dan efektif yang bisa diterapkan:

  1. Rendam mata ikan dalam air hangat selama 5 hingga 10 menit, lalu kikir atau kikis di area tersebut dengan batu apung. Gerakan melingkar atau menyamping membantu mengangkat sel kulit mati.
  2. Gunakan pelembab setiap hari pada kaki. Produk yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat membantu melembutkan kulit kering untuk mempersiapkan pengarsipan.
  3. Jika tindakan berulang menyebabkan gesekan yang mengakibatkan kerusakan kapalan dan mata ikan, maka usahakan untuk menghindari tindakan tersebut untuk mengurangi risiko yang dapat terjadi.
  4. Gunakan sepatu dan kaus kaki yang pas, bantalan atau pelindung pelindung, dan tindakan perawatan diri lainnya dapat membantu. Potongan busa atau silikon dapat digunakan antara jari-jari kaki untuk mengurangi tekanan pada jagung.

Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *