Connect with us

Kesehatan

Kenali Manfaat Dan Efek Samping Serai Yang Perlu di Waspadai

Published

on

Efek Samping Minum Teh Sereh (1)
Share

Reportersatu, Daun sereh memang kaya akan manfaat tak hanya menjadi penyedap rasa. Aromanya yang khas membuat daun sereh sering diolah untuk diminum air rebusannya. Jika diminum dengan bijak, air rebusan daun sereh tersebut dapat menawarkan beragam manfaat kesehatan. Hanya saja, jika dikonsumsi berlebihan, efek samping tetap berisiko terjadi

Ternyata, sereh juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sereh bisa dimanfaatkan dalam pembuatan vitamin A dan minyak esensial. 

Penggunaan sereh untuk pengobatan biasanya diolah menjadi minyak esensial, aroma terapi, atau dikonsumsi dalam bentuk minuman. 

Baca Juga : Mengenal Kayu Secang, Tanaman Sejuta Manfaat Penumpas Penyakit

Sereh mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, folat dan niasin. Namun, kandungan vitamin dalam serai relatif kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. 

Meski demikian, sereh mengandung berbagai mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Asal tahu saja, satu sendok makan sereh segar biasanya mengandung nutrisi berikut: 

  • Kalori : 5 
  • Kalsium : 3 miligram 
  • Kalium : 34 miligram 
  • Mangan :0,2 miligram 
  • Magnesium :2,9 miligram 
  • Zat besi : 0,4 miligram. 
Manfaat serai 

Meski kandungan vitamin dalam sereh relatif kecil, serai mengandung berbagai mineral yang membantu dalam pengobatan medis. Umumnya, sereh diolah menjadi minyak untuk mengobati sakit kepala dan nyeri muskuloskeletal. 

Selain itu, ekstrak minyak sereh juga seringkali dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk mengibati nyeri otot, infeksi, pilek, atau gejala flu. Daun sereh juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yakni, darah tinggi, epilepsi, saki perut, rematik, kelelahan, antiseptik, batuk, reumatik, demam, dan diabetes. 

Efek samping sereh 

Meskipun mengandung vitamin dan mineral, sereh punya efek samping. Sereh bisa menimbulkan berbagai efek samping bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan sereh secara topikal bisa menyebabkan iritasi kulit. 

Selain itu, mengonsumsi sereh dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan pusing, kantuk, mulut kering, buang air kecil berlebihan, dan nafsu makan meningkat. Minyak esensial sereh dalam jumlah tinggi bisa merusak selaput lendir hati dan lambung. Konsumsi sereh yang berlebihan juga bisa mempengaruhi fungsi ginjal.

Untuk menghindari efek samping air rebusan daun sereh di atas, Anda bisa mencoba mengonsumsinya satu cangkir dalam satu hari saja.


Share
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *