Connect with us

Kesehatan

Kenali 7 Tips Kembali Tertidur Saat Terbangun Di Malam Hari

Published

on

Share

Reportersatu, Terbangun di malam hari sering kali membuat seseorang susah tertidur lagi. Terdapat sejumlah cara tertidur kembali saat terbangun di malam hari.


Sejumlah tips dan trik berikut ini bisa dilakukan untuk tertidur lagi dengan mudah. Anda pun tak perlu khawatir kurang tidur keesokan harinya.

  1. Hilangkan pikiran-pikiran negatif
    Hilangkan pikiran-pikiran yang muncul saat terbangun di malam hari. Jangan pula menyalahkan diri sendiri karena terbangun atau karena persoalan lain.
    Pikiran-pikiran ini dapat menimbulkan kecemasan dan membuat sulit tidur. Tetap tenang dan coba untuk tertidur secara perlahan.
  2. Hindari melihat jam
    Jangan terus-terusan melihat jam. Melihat jam di malam hari membuat Anda menghitung waktu yang tersisa untuk tidur dan menimbulkan kecemasan tersendiri sehingga sulit tidur.
    Jangan hiraukan waktu yang berjalan, fokus-lah untuk tertidur kembali.
  3. Jangan lihat smartphone
    Sebaiknya jangan menyalakan telepon, televisi, tablet, atau komputer saat terbangun di malam hari. Sinar dari layar dapat menyulitkan Anda untuk tertidur kembali.
  4. Tarik napas dalam
    Coba-lah untuk menarik napas dalam-dalam. Pernapasan yang dalam dapat merilekskan tubuh dan meredakan ketegangan.
    Menarik napas dalam dapat dilakukan dengan meletakkan tangan di atas perut, lalu tutup mata dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung dalam hitungan enam detik.
    Rasakan perut membuncit. Lalu buang napas perlahan dalam hitungan yang sama melalui mulut.
    Lakukan sampai tertidur.
  5. Bangun setelah 20 menit
    Jika Anda tak bisa tertidur kembali dalam 20 menit, para ahli menyarankan untuk bangun dan berpindah ruangan melakukan aktivitas di ruangan yang redup hingga merasa mengantuk. Setelah itu kembali ke tempat tidur.
    “Lakukan aktivitas yang membosankan sampai merasa ngantuk dan kembali ke tempat tidur,” kata psikiater Mayo Clinic, Banu Koalla.
  6. Lakukan meditasi
    Coba-lah untuk melakukan meditasi saat terbangun di malam hari. Meditasi dapat menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.
  7. Jangan minum alkohol sebelum tidur
    Jangan minum alkohol sebelum tidur karena dapat membuat Anda terjaga di malam hari.
    “Tubuh memetabolisme alkohol membentuk asetaldehida yang merangsang. Oleh karena itu, jika Anda minum terlalu banyak alkohol sebelum tidur, dalam waktu sekitar empat jam akan diubah menjadi aldehida yang dapat mengganggu tidur dan membangunkan Anda,” kata Koalla.

Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *