Connect with us

Kesehatan

Kenali 7 Tips Diet Aman Setelah Melahirkan

Published

on

Share

Reportersatu, Diet setelah melahirkan bisa jadi dilema tersendiri bagi kebanyakan ibu yang baru melahirkan.

Di satu sisi ingin segera kembali ke bentuk badan semula, namun di sisi lain kesehatan ibu dan bayi adalah yang utama.

Melakukan diet yang berlebihan dan asal-asalan tentu akan memperlambat pemulihan pasca bersalin, menghambat produksi ASI, mengganggu hormon, hingga meningkatkan stres.

Untuk itu, cara diet yang aman setelah melahirkan adalah tidak sekadar mengurangi mengurangi makan. Melainkan mengatur pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat sehingga tidak membahayakan ibu dan bayi.

1. Beri ASI eksklusif

American Academy of Pediatrics (AAP) dan CDC merekomendasikan untuk memberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama atau lebih. Hal ini memiliki banyak manfaat bagi Anda maupun bayi, mengutip Healthline.

Bagi bayi, mereka akan tercukupi kebutuhan nutrisi dan membentuk sistem kekebalan tubuhnya untuk melawan virus dan bakteri.

Sementara bagi ibu, menyusui dapat mengurangi risiko terkena penyakit hipertensi, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker ovarium.

loading...

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu penurunan berat badan pasca melahirkan.

2. Banyak minum air putih

Ahli Gizi dari Reproductive Medicine Associates of New York Dara Godfrey mengatakan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama masa menyusui sangat penting.

Ia merekomendasikan minum hingga 3 liter air setiap hari agar membantu kelancaran produksi asi. Selain itu, minum air putih dapat memberi efek kenyang dan merangsang metabolisme yang membantu penurunan berat badan.

3. Perhatikan kalori

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC/Centers for Disease Control and Prevention), ibu menyusui harus mengonsumsi sekitar 2.300 hingga 2.500 kalori per hari dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

Menjaga asupan kalori yang tepat akan membantu menjaga suplai ASI dan tubuh tetap berenergi. Sebab kebutuhan kalori individu sangat bervariasi, terlebih bagi ibu menyusui.

4. Hindari minuman manis

Sering minum minuman manis berkontribusi pada kenaikan berat badan dan menimbun lemak di sekitar perut. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mengganti dengan jus buah segar tanpa gula.

5. Kurangi gula, garam, dan lemak jenuh

Cara diet setelah melahirkan yang paling aman bagi semua orang termasuk ibu pasca melahirkan adalah menghindari makanan yang tidak menyehatkan.

Makanan tersebut biasanya mengandung gula tambahan, natrium, dan lemak jenuh, seperti gorengan, keripik kentang, makanan cepat saji, kue-kuean.

Asupan gula, garam, dan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang dapat mengarah ke penyakit diabetes, hipertensi, hingga jantung.

6. Buat rencana makan

Diet setelah melahirkan bukan berarti mengurangi makan sama sekali. Anda cukup mengatur jenis makanan yang dikonsumsi. Hal ini tak hanya baik untuk bayi, tapi juga membantu penurunan berat badan yang stabil.

Agar pola makan lebih tertib, catat makanan apa saja yang boleh dimakan, misalnya memperbanyak buah, telur, sayuran organik, kacang-kacangan, ikan, daging, dan sebagainya.

Selain itu, perbanyak mengolah makanan dengan dikukus atau direbus agar kandungan gizinya tak hilang.

Dengan mengonsumsi makan makanan sehat, berat badan akan berangsur turun tanpa harus kelaparan sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7. Lakukan olahraga ringan

Olahraga tetap penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan berolahraga, membantu memulihkan kekuatan otot sekaligus meningkatkan energi Anda sehingga tidak mudah loyo.

Tak perlu berat-berat, Anda bisa meluangkan waktu untuk yoga, pilates, berenang, bersepeda, atau sekadar jalan-jalan rutin di lingkungan tempat tinggal.

Perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang aman tentu prosesnya tidaklah instan dan bertahap.

Berdasarkan Academy of Nutrition and Dietetics, idealnya penurunan berat badan sekitar 1/2 kilogram per minggu atau 2 kilogram per bulan usai melahirkan.

Dengan mencoba menerapkan cara diet setelah melahirkan di atas, semoga membantu menurunkan berat badan namun tetap aman.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *