Connect with us

Kesehatan

Kenali 7 Manfaat Yogurt Yang Baik Untuk kesehatan

Published

on

Share

Reportersatu, Selain keju, yoghurt sudah jadi salah satu produk olahan susu paling populer. Hal ini tidak mengherankan, mengingat manfaat yoghurt

loading...
yang begitu beragam untuk kesehatan. Belum lagi, asupan yang satu ini pun bisa diolah menjadi berbagai minuman maupun makanan.

Yogurt adalah olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi menggunakan bantuan bakteri. Bakteri memfermentasi laktosa atau gula alami yang ditemukan di dalam susu.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Buah Belimbing, Si Star Fruit Yang Kaya Nutrisi

Proses ini menghasilkan asam laktat yang membuat protein susu mengental. Inilah alasan yogurt memiliki rasa yang sedikit asam dan tekstur yang lebih kental dibandingkan susu. Proses fermentasi ini juga membuat yogurt kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Berikut adalah 7 manfaat yogurt untuk kesehatan :

1. Yogurt kaya mikronutrien

Yogurt merupakan makanan yang kaya mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Dikutip dari Healthline, secangkir yogurt mengandung 49 persen kalsium harian. Kalsium baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt juga banyak mengandung vitamin B, terutama B12 dan riboflavin yang berfungsi melindungi jantung.

Selain itu, secangkir yogurt juga mengandung 38 persen kebutuhan harian fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium. Semua nutrisi ini baik untuk tekanan darah dan metabolisme.

2. Yogurt tinggi protein

Yogurt juga tinggi akan kandungan protein. Setiap 200 gram yogurt mengandung 12 gram protein. Kandungan protein yang tinggi baik untuk metabolisme dan pembakaran energi. Kandungan protein ini juga membuat yogurt baik dikonsumsi saat berolahraga untuk pembentukan otot.

3. Yogurt menyehatkan saluran pencernaan

Proses fermentasi membuat yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Sejumlah studi menunjukkan probiotik pada yogurt seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti mengurangi gejala iritasi usus besar.

4. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi yogurt juga dikaitkan dengan penurunan berat badan. Memasukkan yogurt dalam menu diet dapat membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Eat This, penelitian dari University of Tennessee menunjukkan konsumsi yogurt tiap hari dapat mengurangi 22 persen berat badan lebih banyak dibandingkan dengan kelompok yang tidak makan yogurt. Pengurangan lemak perut juga 81 persen lebih banyak.

5. Memperkuat sistem imunitas

Kandungan probiotik di dalam yogurt juga membantu meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Dikutip dari Web MD, sebuah studi menunjukkan probiotik membantu meningkatkan resistensi dan pemulihan infeksi lebih cepat. Konsumsi yogurt secara rutin juga mengurangi risiko infeksi hingga 20 persen.

6. Yogurt mencegah osteoporosis

Nutrisi di dalam yogurt seperti kalsium, protein, kalium, dan fosfor meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang, terutama osteoporosis.

Studi menunjukkan konsumsi tiga posri makanan olahan susu seperti yogurt dapat menjaga massa dan kekuatan tulang sehingga mencegah osteoporosis di hari tua.

7. Yogurt melindungi jantung

Yogurt juga bermanfaat untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah.

Sejumlah studi menunjukkan asupan lemak jenuh dari produk susu seperti yogurt meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi insiden penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat yogurt untuk kesehatan ini, periksa label pada kemasan saat membeli yogurt. Pilih yogurt murni yakni tanpa pemanis atau tambahan lainnya. Pilih juga yogurt yang mengandung bakteri baik.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *