Connect with us

Kesehatan

Kenali 5 Bahan Alami Untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru

Published

on

Share

Reportersatu, Virus corona diketahui turut menyerang paru-paru ketika diri terinfeksi Covid-19.

Belum lagi, paparan polusi udara yang juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan. Berikut lima bahan alami jaga kesehatan paru-paru.

Oleh karenanya, selain menjaga daya tahan tubuh, kesehatan paru-paru juga salah satu yang penting diperhatikan di masa pandemi Covid-19.

makan makanan tertentu dapat membantu kita membangun ketahanan terhadap efek berbahaya dari polutan.

Dokter menyarankan untuk menambahkan makanan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu detoksifikasi paru-paru dan melindungi tubuh dari polusi udara.

1. Jahe

Terkenal dengan sifat anti-inflamasinya, jahe merupakan salah satu bahan alami pengobatan rumah yang paling umum digunakan untuk menyembuhkan batuk dan pilek.

Kandungan dalam jahe membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan.

Pasalnya, selain dengan antiinflamasi, jahe juga kaya akan vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium, beta-karoten dan seng, yang semuanya membantu menjaga kesehatan paru-paru.

loading...

2. Kunyit

Kunyit diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas.

Konsumsi kunyit secara rutin setiap hari dapat meredakan inflamasi pada saluran sirkulasi udara di rongga pernapasan.

Senyawa aktif dalam kunyit, kurkumin berfungsi untuk membersihkan paru-paru secara alami dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh atau detoks.

Tidak hanya itu, ini juga membantu dalam membangun kekebalan dan detoksifikasi tubuh.

3. Madu

Madu menjadi bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan diperkaya kandungan-kandungan alami.

Madu memiliki komponen antibakteri yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada gejala gangguan pernapasan.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, madu disarankan untuk dikonsumsi demi mendapatkan khasiat antivirus dan antibakteri yang terkandung di dalamnya.

 Bahkan dalam penelitian lainnya madu juga ditemukan ampuh untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan anak.

Konsumsi madu secara rutin juga dapat mencegah batuk dan membantu mengatasi sulit tidur atau insomnia pada penderitanya.

Setidaknya konsumsi madu 30 menit sebelum tidur dikatakan dapat membantu melegakan pernapasan dan membuat tidur menjadi nyenyak.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga diketahui memiliki khasiat praktis yang dapat bekerja tanpa memerlukan waktu yang lama.

Manfaat ini datang dari komponen allicin yang ada dalam kadar yang cukup banyak pada bawang putih.

Allicin bersifat seperti antibiotik dan dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan.

Lebih jauh lagi bawang putih juga diketahui bermanfaat untuk mengatasi inflamasi, asthma serta menurunkan risiko kanker paru-paru.

5. Teh hijau

Di antara berbagai jenis teh, teh hijau dikenal sebagai teh herbal dengan manfaat yang begitu kaya. Teh hijau bahkan dikatakan sebagai jenis teh yang paling sehat dan kerap dikonsumsi sebagai obat herbal alternatif untuk berbagai macam penyakit.

Teh hijau penuh kandungan polifenol serta komponen antiinflamasi yang dapat membantu meredakan inflamasi yang terjadi pada paru-paru akibat serangan virus maupun bakteri.

Menurut laporan yang dipublikasi pada Journal of Nutrition, sebuah pengamatan telah dilakukan dan ditemukan bahwa teh hijau memiliki hubungan yang baik dalam meredakan penyakit kronis terutama pada bronkitis.

Penelitian menunjukkan bahwa minum dua cangkir teh hijau secara rutin setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Penyakit tersebut merupakan gangguan yang menghalangi saluran udara untuk masuk ke pernapasan dan menyebabkan kesulitan untuk bernapas termasuk memperparah gejala Covid-19.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *