Connect with us

Kesehatan

Kenali 4 Tips Alami Atasi Masalah Pencernaan

Published

on

Share

Reportersatu, Setiap orang hampir pernah mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, mulas, mual, sembelit atau diare.


Namun, jika gejala ini sering muncul, hal itu dapat menyebabkan gangguan besar pada hidup Anda.


Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat berdampak positif pada kesehatan usus Anda. Terdapat ragam cara mengatasi masalah pencernaan.


Anda pun tidak perlu panik dengan membeli obat-obatan di apotek. Sebab obat yang dijual di apotik belum tentu aman untuk lambung, terutama jika anda menderita tukak lambung.

Berikut beberapa cara alami mengatasi masalah pencernaan yang bisa anda coba di rumah:

loading...
  1. Banyak makan sayur dan buah
    Serat merupakan zat yang membantu melancarkan kerja sistem pencernaan. Mengonsumsi banyak sayuran dan buah bisa jadi andalan jika mengalami sembelit atau diare.
    Anda bisa coba mengonsumsi makanan berserat tinggi dari buah-buahan seperti pepaya, apel, dan pir. Juga perbanyak konsumsi sayuran hijau sejenis sawi-sawian.
  2. Air jahe
    Minum air rebusan jahe bisa bekerja meredakan beberapa masalah perut seperti mual, muntah, mulas, dan kembung.
    Air jahe juga terbukti bisa meredakan gejala mual dan muntah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.
    Namun konsumsi air jahe tidak disarankan bagi wanita hamil karena meningkatkan risiko keguguran.
  3. Teh chamomile
    teh bunga chamomile bisa meredakan gejala penyakit pencernaan seperti perut kembung, diare, kram perut, dan gejala lainnya.
    Chamomile juga punya efek menenangkan dan meringankan rasa sakit.
  4. Minum air putih
    tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih bisa meredakan masalah pencernaan seperti diare, dan muntah. Minum cukup air juga bisa meredakan sembelit.
    Para ahli merekomendasikan minum 1,5-2 liter air per hari untuk meredakan sembelit.
    Cara lain untuk membantu asupan cairan pada tubuh adalah dengan mengonsumsi sayuran atau buah yang mengandung air, seperti mentimun, melon, semangka, tomat, jeruk bali, dan persik.
    Namun sebaiknya kunjungi dokter jika gejala tidak mereda. Dokter akan meresepkan obat yang cocok untuk masalah pencernaan.
    Masalah pencernaan bisa dihindari dengan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari makan makanan sehat bergizi seimbang, teratur berolahraga, dan mengelola stress dapat membantu tubuh terhindari dari masalah pencernaan.
    Selain empat cara di atas, tidak makan sebelum tidur juga bisa membantu terhindar dari perut kembung pada pagi hari. Menghindari konsumsi alkohol dan merokok juga akan sangat membantu.

Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *